PENGARUH TEKNIK SHAPING TRHADAP PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT

Evan Setiadi, Lalu Jaswandi

Abstract


Teknik shaping merupakan pembentukan perilaku baru yang sebelumnya belum ditampilkan dengan menggunakn respon-respon pembentukan perilaku untuk mendekati tingkah laku yang diinginkan dengan menggunakan penguat (reinforcement) dengan penguat dapat membentuk perilaku baru yang diinginkan secara bertahap sampai mendekati perilaku akhir, dengan memberikan beberapa penguat sepertian pemberian pujian dan hadiah. Perilaku menyontek adalah kegiatan, tindakan atau perbuatan curang yang menggunakan cara tidak sah untuk memalsukan hasil belajar dengan menggunakan pendampingan atau memanfaatkan informasi dari luar secara tidak sah pada saat dilaksanakan ujian untuk mendapatkan keuntungan sendiri. Dampak dari perilaku menyontek disini dapat membuat kepribadian siswa menjadi rendah sehinga siswa tidak berusah sendiri untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Pendidikan di Indonesia masih memiliki masalah yang terjadi terutama perilaku menyontek siswa, hal ini dipengaruhi oleh faktor diri sendiri dan lingkungan sekolah. Oleh karena itu pendidikan sebagai sarana pembentuk moral dan intelektual agar bebas dari perilaku yang negaif seperti perilaku menyontek. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Pengaruh Teknik Shaping Terhadap Perilaku Menyontek Pada siswa Siswa Kelas VIII SMPN 2 Narmada Kabupaten Lombok Barat tahun Pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket sebagai metode utama dan metode Observasi, Wawancara, Dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus ttest   Berdasarkan hasil perhitungan nilai thitung yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 3,916, sedangkan nilai ttabel dengan taraf signifikan 5% dan df = N - 1 = 9 – 1 = 8 adalah 2,306 atau (3,916>2,306), jadi nilai thitung lebih besar dari pada nilai ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: “Ada Pengaruh Teknik Shaping Terhadap Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Narmada Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini“signifikan”

Full Text:

PDF

References


Hartanto,D. 2012, Bimbingan dan Konseling Menyontek Mengungkap Akar Masalah dan solusinya. Jakarta: Indeks.

Hambali, A & Jaenudin, U. 2013, Psikologi Kepribadian. Bandung: Pustaka setia

Hartosujono, dan Sari, N. 2015, Perilaku Menyontek Pada Remaja. Universitas Sarjana Wijaya Yogyakarta & Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Jurnal Psikologi. Vol 11, No 12-19 (2015).

IKIP Mataram, 2011, Pedoman Bimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah. Mataram

Komalasari, G. 2011, Teori dan Teknik Konseling. Kembangan-Jakarta Barat: PT Indeks.

Lois, M. N, Sujana, I. W, dan Dini, A. U. 2016, Pengaruh Teknik Shaping Dengan Positive Reinforcement Terhadap Kecemasan Berpisah Pada Anak. e-Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 4. No 1.

Musslifah. A. 2012, Perilaku Menyontek Siswa Ditinjau Dari Kecendrungan Locus Of Control, Universitas Sahid Surakarta. Jurnal Talenta Psikologi. Vol 1, No 2.

Musfiqon, 2012, Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Nurmayasari, K. 2015, Hubungan Antar Berpikir Positif dan Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas X SMK Koperasi Yogyakarta. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi. Vol 3, No 1.

Rahmawati, M. T, dan Harini. 2015, Perilaku Menyontek Ditinjau Dari Orientasi Tujuan Belajar Siswa SMA/MA Di Surakarta. (online):http//snpe.fkpip.uns.ac.id, Diakses tanggal 04 Juli 2018

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta Bandung.

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung

Santrock, W. J. 2010, Psikologi Pendidikan. Jakarta Putra Grafika: PT Fajar Interpratama Offset.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedir Penelitian Suatu Pendekatan Peraktik. Jakarta: Rineka Cipta

Uno, B . H. 2006, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran.Jakarta:PT Bumi Aksara.

Priaswandi, G . M. 2015, Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Perilaku Menyontek Pada Siswa XI Di SMA 1 Pleret Bantul Yogyakarta. Universitas Yogyakarta.

Purniwati, 2014, Pengaruh Konseling Gestalt Terhadap Perilaku Mencontek Siswa SMP Islam AL-Mahmudiyah Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. IKIP Mataram

Yusuf, S. 2005, Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v4i1.2155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics