PENGARUH TEKNIK BIBLIOTERAPI TERHADAP SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 LEMBAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Lalu Muh Kaspari Tami Mahsyar, Mujiburrahman Mujiburrahman, M. Najamuddin

Abstract


Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sebab melalui pendidikan diharapkan dapat menghasilkan generasi penerus yang berkualitas. Pada saat ini semakin disadari bahwa pendidikan sebagai proses pengubahan sikap dan perilaku seseorang melaui upaya pengajaran dan pelatihan. Pendidikan sangat erat hubungannya dengan mutu siswa, karena siswa merupakan titik pusat proses belajar mengajar. Oleh karena itu perlu diadakan nya teknik biblioterapi, karna salah satu teknik konseling yang memanfaatkan media buku di dalam bacaan untuk membantu dalam mengubah pikiran, perasaan, perilaku dengan menemukan kesenangan dalam membaca dan melepaskan diri dari distress mental sehingga dapat memotivasi siswa agar mampu mengatasi masalah yang dihadapinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada Pengaruh Teknik Biblioterapi Terhadap SikapKemandirian Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Lembar Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah” untuk mengetahui Pengaruh Teknik Biblioterapi Terhadap Sikap Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Lembar Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019”. Populasi dalam penelitian ini 95 siswa, sampel yang digunakan 10 siswa. Dalam penelitian ini metode penggumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok.untuk menganalisa data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yaitu (t- hitung8.906 > t tabel2.262), maka hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima pada taraf signifikansi 5% sehingga penelitian ini dinyatakanSignifikan”..maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah Ada Pengaruh Teknik Biblioterapi Terhadap Sikap Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Lembar Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019.

Full Text:

PDF

References


Ali & Asrori. 2011. Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Apriliawati, (2011). Potensi Biblio Therapy:ISSN 2338-4700.

Apriliawati Anita, 2011. Pengaruh Biblioterapi Terhadap Tingkat Kecemasan Anak usia Sekolah Yang Menjalani Hospitalisasi Di Rumah Sakit Isam Jakarta. Depok:Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Budiningsih, Asri. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003,

Tentang System Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Desmita. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Eliasa, Eva Imania, 2007. Biblioterapi Sebagai Sebuah Metode Tindakan yang Bermakna. Laporan Hasil Penelitian. Yokyakarta: FIP UNY

Erford, B.T, (2016). 40 Teknik Yang HarusDiketahuiSetiapKonselor (Edisi ke-2).

Yogyakarta: PustakaBelajar.

Fatimah, E. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: CV Pustaka Setia.

IKIP Mataram, (2011). Pedoman Pembimbingan dan Penulisan KaryaIlmiah. Mataram.

Komsiyah, Indah. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras

Margono, (Slamet). (1996). FilsafatdanPrinsip-PrinsipManajemenMutuTerpadu di PerguruanTinggi. Jakarta: HedsProjek.

Margono,(2007). MetodologiPenelitianPendidikan. Jakarta: RinekaCipta.

Purwanto, Evanthe, Maret (2015). “Pengaruh Biblioterapi Terhadap Psychological well-being Perempuan Lajang”. Jurnal Mahasiswa Universitas Surabaya: Vol 4 No. 1.

Poerwadarminta, (2003). KamusUmumBahasa Indonesia. Jakarta: BalaiPustaka.

Riduwan, (2016). Dasar-dasarstatistika. Bandung: Alfabeta.

Shecman, (Eliasa). (2007).Biblio Therapy As A Method of Meaningful Treatment : ISSN 114 434–438 2007).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2016). MetodePenelitianPendidikan,PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D Jakarta: Alfa Beta.

Suharsimi, (2014).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:Rineka Cipta.

Suharsimi, (2006). ProsedurPenelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suhadi, Emen, (2016). Pengaruh Teknik Biblioterapi Terhadap Sikap Depresi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Brang Ene. Mataram: PascaSarjana IKIP Mataram.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v4i1.2154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics