PENGARUH TEKNIK VIDEO EDUKASI TERHADAP BERPIKIR POSITIF SISWA SMPN 16 MATARAM

Hariadi Ahmad, Lalu Andry Adifa Maulana

Abstract


Individu sebagai mahluk sosial yang membutuhkan kehadiran orang lain, dibutuhkan adanya keselarasan diantara manusia itu sendiri, dalam setiap aspek kehidupan individu tidak lepas dari proses berpikir dan merasakan, berpikir positif merupakan keterampilan yang dimiliki individu dalam menerima situasi dan kondisi yang tengah dihadapi secara positif, sehingga individu tersebut memiliki kepuasan dalam hidupnya, meyakini kemampuan yang dimilikinya sehingga harga diri menjadi meningkat, serta berpikir secara optimis dalam meraih harapan kesuksesan akan masa depannya. Berpikir positif siswa yang rendah dapat diatasi dengan layanan bimbingan dan koseling dengan menggunakan teknik video edukasi, video edukasi merupakan media pembelajaran yang dibuat dalam bentuk video yang berisi materi layanan yang dikemas secara menarik, interaktif dan bersifat mendidik yang mengajarkan keterampilan dan dapat mempengaruhi sikap dengan tahapan pelaksanaan pembentukan rappor, pemberian stimulan berbentuk film, refleksi dan diskusi, pengembangan komitmen, uji coba komitmen dan melakukan perbaikan diri atau evaluasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah Ada Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berpikir Positif Siswa SMP Negeri 16 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Teknik Video Edukasi terhadap Berpikir Positif Siswa SMP Negeri 16 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019.  Jumlah sampel sebanyak 49 orang siswa. Metode dalam pengumpulan data menggunakan metode angket sebagai metode pokok, observasi, dokumentasi, dan wawancara sebagai metode pelengkap. Analisis data menggunakan analisis T-Test. Berdasarkan hasil perhitungan t-test dengan taraf signifikansi 5% = 2,021. Sedangkan nilai t-hitung hasil penelitian sebesar 4,810. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa nilai r hitung hasil penelitian ini lebih besar dari nilai r tabel  yakni 4,810 > 2,021 dapat disimpulkan bahwa: Ada Pengaruh Teknik Video Edukasi terhadap Berpikir Positif Siswa SMPN 18 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Maka penelitian ini dinyatakan Signifikan.


Full Text:

PDF

References


Baron, R. A. & Byrne. 2003. Psikologi Sosial. Jilid I Edisi Kesepuluh. Penerjemah: Ratna Djuwita, dkk. Jakarta: Erlangga.

Bernard, M. F. 1991. Taking The Stress Out of Teaching. Melborne Australia: Collins Dove.

Caprara, G.V., & Steca, P. 2006. The contribusi of self-regulatory efficacy beliefs in managing affect and family relationships to positive thinking and hedonic balance. Journal of Clinical and Social Psychology, 25, 603-627.

Dayakisni, T. & Hudania.2003. Psikologi Sosial Jilid I. Malang: UMM Press.

Elfiky Ibrahim. 2008. Terapi berpikir positif. Jakarta. Zama.

Goble, F. G. 2004. Mazhab Ketiga Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Jakarta: Kanisius.

Handarini, dkk. 2015. Workshop Biblio-Edukasi dan Sinema-Edukasi Bagi Konselor Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Hill, N. & Ritt, M.J. 2004. Keys to Positive Thinking. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer

Kivimaki., dkk. 2005. Optimism and Pessimism as Predictors of Change in Health After Death or Onset of Severe Illness in Family. Journal of Health Psychology, Vol. 24, No. 4, 413-421

Limbert, C. 2004. Psychological wellbieng and satisfaction amongst military personel on unaccompanied tours: the impact of perceived social support and coping strategies. Journal of Military Psychology, 16(1), 37-51.

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Santrock, J. W. 1998. Adolesence. Seventh Edition. New York: Mc Graw Hill.

Santrock, J.W. 2003. Life Span Development Perkembangan Masa Hidup. edisi kelima. Jakarta: Erlangga.

Seligmen. 1991. Learned Optimism. New York: Alfred AKnof Publiser.

Stallard, P. 2005. A clinician’s guide to think good-feel good: using cbt with children and young people. West sussex: John Wiley & Sons.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. (Edisi Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta

Suryabrata, S. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: CV. Rajawali.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v4i1.2153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics