PENGARUH TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT

Nita Sopiana, Ahmad Muzanni

Abstract


Perilaku menyontek bukanlah hal baru, hal ini terus dilakukan secara terus menerus dari generasi ke generasi hingga menjadi sebuah kebiasaat. Kebiasaan buruk ini selain mengganggu tentu akan merugikan banyak pihak. Oleh sebab itu, di perlukannya  teknik self management untuk meminimalisir perilaku kecenderungan menyontak. Teknik self management adalah suatu cara yang dilakukan seseorang untuk mengontrol atau mengelola dirinya sendiri terhadat tingkah laku yang ingin diubah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Ada Pengaruh Tehnik Self Management Terhadap Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Narmada Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Tehnik Self Management Terhadap Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Narmada Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket sebagai metode pokok sedangkan observasi, dokumentasi dan wawancara sebagai metode pelengkap, analisis data menggunakan tumus t-tes dan analisis program SPSS, hasil bahwa analisis data dengan menggunakan hitungan manual dan program analisis SPSS memiliki nilai yang hampir sama yaitu: thitung = 17,405 dengan menggunakan hitungan manual dan thitung = 17,419 dengan menggunakan analisis SPSS. Dengan demikian nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,201 dengan taraf signifikansi α= 0,05 yaitu 5%, maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis Nihil (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, maka kesimpulan penelitian ini adalah: Ada Pengaruh Teknik Self Management Terhadap Perilaku Kecenderungan Menyontek Pada Siswa Kelas XI di SMAN 1 Narmada Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019.


Full Text:

PDF

References


Edi, M Kurnanto. 2013. Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta

Hartanto, Dody. 2012. Bimbingan Dan Konseling Menyontek Mengungkap Akar Masalah Dan Solusinya. Jakarta Barat: PT Indeks.

Hartono. dan Soedarmardji, Boy. Juli 2014. Psikologi Konseling. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Komalasari, Gantina. 2018. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta Barat: PT Indeks.

Mudyahardjo, Redja. Agustus 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Musslifah, Anniez Rachmawati. 2012. Perilaku Menyontek Siswa Ditinjau Dari Kecenderungan Locus Of Control. Jurnal Talenta Psikologi: Vol.1, No.2, Agustus 2012: 140-148.

Ratna, Lilis. 2013. Teknik- teknik konseling. Yogyakarta: Deepublish

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v4i1.2151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics