UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI METODE KETELADANAN PADA ANAK USIA DINI

Abdurrahman Abdurrahman

Abstract


Pembentukan sikap dan penanaman nilai-nilai dipengaruhi berbagai factor terutama lingkungan, yaitu lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Artinya, walaupun di sekolah guru berusaha memberikan contoh yang baik, akan tetapi manakala tidak didukung oleh lingkungan baik keluarga dan masyarakat, maka penanaman nilai-nilai dan pembentukan sikap akan sulit dilaksanakan. Oleh karena itu, pembentukan sikap memerlukan upaya semua pihak, baik lingkungan, sekolah, masyarakat maupun keluarga. Keluarga adalah unit terkecil dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Sejak dari awal setiap individu mengalami hidup, tumbuh dan berkembang di dalam keluarga. Karena alasan itulah setiap keluarga diyakini sebagai unit pertama dan utama yang mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan anak serta meletakkan dasar-dasar keutamaan pribadi untuk keselamatan hidup di dunia dan di akhirat. Pendidikan dalam keluarga cukup luas mencakup keseluruhan perkembangan kepribadiannya baik dalam dimensi kegiatannya maupun dalam dimensi nilai-nilai yang dinamakan kepada anak. Semua itu menjadi tanggung jawab orang tua untuk merawat, mengasuh, membimbing dan mendidik anak sehingga bertumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya. Untuk menumbuh kembangkan anak, orang yang wajib memberikan makanan yang halal lagi baik agar sehat jaminannya. Selain itu anak harus dibimbing dan di biasakan dalam sikap patuh, berbudi luhur, berdisiplin sebagai hamba Allah yang taat


Full Text:

PDF

References


Yuliani Nurani Sujiono. (2009). Konsep dasar pendidikan anak usia dini.

Setiaji Raharjo. (2012) proses penanaman nilai-nilai agama agama pada anak usia dini dalam keluarga dikampung Gambiran Pandeyan Umbul Harjo Yogyakarta.

Noviatul Munawara. peranan alat permainan edukatif dalam pengembangan kemampuan kognitif anak di kelompok B TK PGRI baiya.

Wenny Hulukati. 2015. Peran lingkungan keluarga terhadap perkembangan anak. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Din. Vol. 7 No.2

Nurjannah. 2017. Mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini melalui keteladanan. Jurnal bimbingan konseling dan dakwah islam. Vol.14,no.1

femmi nurmalitasari. 2015.Perkembangan sosial emosional anak usia prasekolah. Buletin psikologi. Vol. 23 No.2

muhalifah yumi restiti.2012.Peranan orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak kelompok B di tk pertiei 1 sine sragen.

Muhammad Fadillah (2012). Desai Pembelajaran PAUD . Jakarta: Ar-ruzz Media




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v4i1.2150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics