PENGARUH TEKNIK BEHAVIORAL TERHADAP SIKAP MENCELA PADA SISWA KELAS XI DI MA ASSA’ADAH LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Andita Arya Martina, Ni Ketut Alit Suarti, M. Chairul Anam

Abstract


Sikap Mencela merupakan suatu tindakan untuk menunjukkan kekurangan tidak baik dengan kata-kata, perilaku, maupun tulisan pada diri seseorang atau institusi dengan cara tidak bijak, tidak memperhatikan etika pergaulan, bersifat subjektif, tidak santun dan tidak memberikan solusi atau pemecahan serta tidak membantu untuk keluar dari kekurangan tersebut. Kenyataannya terdapat siswa yang memiliki sikap mencela, seperti menghina, merendahkan, mencela keturunan,  mencela akhlak. Hal tersebut tidak akan terjadi apabila guru di sekolah dapat memaksimalkan pemberian layanan konseling, yaitu dengan menggunakan teknik behavioral. Teknik Behavioral merupakan teori tingkah laku pada konseling yang difokuskan untuk menghasilkan perubahan tingkah laku klien. Rumusan Masalah: Apakah Ada Pengaruh Teknik Behavioral Terhadap Sikap Mencela Pada Siswa Kelas XI di MA Assa Adah Labuapi Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019?. Penelitian ini bertujuan “untuk mengetahui Pengaruh Teknik Behavioral Terhadap Sikap Mencela Pada Siswa Kelas XI Di MA Assa Adah Labuapi Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019”. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 59 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Random Sampling sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 10 orang siswa. Adapun Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket sebagai metode pokok, wawancara, dokumentasi, dan observasi sebagai metode pelengkap, teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus t-test. Berdasarkan hasil analisis data yang digunakan dalam statistik menggunakan rumus t-test diperoleh t hitung sebesar 12,173 sedangkan dari tabel distribusi t pada taraf signifikansi 5 % diperoleh sebesar 2,262. hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (12,173>2,262)yaitu Hipotesis Ho yang diuji ditolak dan hiotesis Ha diterima yang berbunyi Ada Pengaruh Teknik Behavioral Terhadap Sikap Mencela Pada Siswa Kelas XI di MA Assa’Adah Labuapi Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019, artinya hasil penelitian ini Signifikan”.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Nizamul Hayat. 2014. Pengaruh Konseling Behavioral Terhadap Empati Siswa Kelas XI MA Ad-Diinul Qayyim Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi: IKIP Mataram.

Ahmad Farizal. 2018. Pengaruh Konseling Behavioristik Menggunakan Konseling Kelompok Terhadap Komunikasi Efektif Pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Batukliang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi:IKIP Mataram.

Al-Qur’an dan Terjemahannya. 2010. Jakarta: Departemen Agama RI

Corey, G. 2009. Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT Refika Atitama

Coloroso, Barbara. 2007. Stop Bullying. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.

Endarmoko, Eko. 2006. Tesaurus bahasa indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hamid Darmadi. 2014. Metode penelitian pendidikan dan sosial (teori konsep dasar dan implementasi). Bandung: Alfabeta.

Hadi Sutrisno. 2000.Statistik 2. Andi Ofset: Yogyakarta.

Hidayani, 2016. Pengaruh Konseling Behavioral Terhadap Kecemasan Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas VII SMPN 5 Janapria Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi tidak diterbitkan. Mataram: Program Studi S1 Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan IKIP Mataram.

Huratul, Aeni. 2011. Hubungan antara intensitas bimbingan sosial dengan tingkat penyimpangan perilaku pada siswa SMKN 1 Lingsar Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi: IKIP Mataram.

IKIP Mataram. 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah:

Kauma Fuad, 2010. Terapi Ghibah (penawar bagi orang yang suka menggunjing). Jombang: ISFA Press.

Komalasari, dkk. 2012 Teori Dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.

Komalasari. 2018 Teori Dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.

Kamusbesar bahasa indonesia (kbbi). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/mencelaDiakses Pada 6 November 2018 18:46

Latipun. 2015. Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.

Martono, Nanang. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Novan Ardy Wiyani. 2012. Save our children from school bullying. Depok: Ar-ruzz media.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Rahayu, Wilia. 2018. Pengaruh Konseling Rational Emotive Behavior Therapy Terhadap Sikap Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Lembar Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. . Skripsi:IKIP Mataram.

Riduwan. 2013. Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

¬¬¬¬¬Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Statistik untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung.

¬¬Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryabrata, 2014. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Susanti, Dewi. 2014. Pengaruh Konseling Behavioristik Untuk Mengurangi Kebiasaan Merokok Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi tidak diterbitkan. Mataram: Program Studi S1 Psikologi Pendidikan dan Bimbingan IKIP Mataram.

¬Suharsimi,2006. Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

________,2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

¬________,2014. Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v4i1.2149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics