PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARATIF DALAM BAHASA INDONESIA MELALUI TEKNIK MIND MAPPING SISWA KELAS IV SDN 2 SEMOYANG

Saharudin Saharudin, Khairul Huda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai peningkatan keterampilan menulis teks naratif dalam bahasa Indonesia tentang lingkungan sekolah melalui teknik mind mapping di kelas IV SDN 2 Semoyang. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 semoyang. Penelitian di kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas menggunakan metode spiral atau siklus dari Stephen Kemmis dan MC. Tanggart. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan observasi, serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes berupa soal pemahaman berupa uraian, instrument pemantau tindakan pembelajaran menggunakan teknik mind mapping dan catatan lapangan. Hasil yang diperoleh penelitian ini adalah adanya peningkatan keterampilan pemahaman konsep siswa pada materi lingkungan sekolah dengan menggunakan teknik mind mapping. Persentase kemampuan pemahaman konsep siswa pada siklus I 63,33%, dan siklus II mencapai 86,66%. Pemahaman siswa meningkat karena efektifitas pembelajaran melalui penerapan teknik mind mapping. Hasil dari data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia pada materi lingkungan sekolah menggunakan teknik mind mapping dapat meningkatkan keterampilan pemahaman konsep siswa yang diukur melalui lembar tes dan pengamatan tindakan yang dilakukan pada siklus I, dan siklus II. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep yang diperoleh akan semakin meningkat jika dalam pembelajaran menggunakan teknik yang tepat, efektif, dan menyenangkan

Full Text:

PDF

References


Iskandar. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada, 2001

Kusuma, Wijaya, dan Dwitagama, Dedi. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks, 2010.

Munandar. Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia, 1999.

Pinoza, Lamuddin. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia, 2002.

Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1986.

Saekhan, Muchith. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: RaSAIL Media Grup, 2007.

Soemarjadi, dkk. Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan, 1991.

Jayanti, Windy. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Naratif dalam Bahasa Indonesia Melalui Teknik Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV SD.” Sekripsi. Universitas Negeri Jakarta, 2013.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v4i1.2145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics