PENGARUH KONSELING BEHAVIORISTIK TERHADAP PERILAKU MENOLONG PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 5 MATARAM

Aluh Hartati, Haeratunnisa Haeratunnisa

Abstract


Konseling Behavioristik konseling yang menerapkan aneka ragam tekhnik dan prosedur yang berorientasi kepada pengubahan prilaku menyimpang dengan proses belajar, dan setiap tingkah laku dapat di pelajari melalui belajar dan dimodifikasi sesuai harapan untuk mengubah prilaku buruk pada individu. Sedangkan perilaku menolong adalah suatu bentuk tindakan yang positif yang dilakukan dengan sukarela tanpa ada paksaan dari orang lain serta atas inisiatif diri sendiri yang dilakukan semata-mata hanya untuk memberikan bantuan atau menolong orang lain tanpa mengharapkan imbalan apapun. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimanakah Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Perilaku Menolong Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 5 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan dalam penelitian ini adalah: Ingin mengetehui Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Perilaku Menolong Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 5 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah 107 siswa. Sampel yang digunakan adalah 8 orang siswa yang memiliki perilaku menolong rendah. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok dan metode observasi, wawancara serta dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisa data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yaitu: nilai t hitung sebesar 5.532 dan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5 % dengan N=7 sebesar 2.365. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar daripada nilai t pada tabel (5.532  > 2,365) sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini ”signifikan”. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Nol (H_0) di tolak dan hipotesis alternatif (Ha) di terima. Maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah Ada Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Perilaku Menolong Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 5 Mataram, artinya hasil penelitian ini “signifikan”

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Bina Aksara

Ahmad Zaki Akbar (2012) dengan judul Pendekatan Konseling Behavioral dalam mengatasi siswa yang berprilaku menyimpang di SMAN 1 Keruak Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi Ikip Mataram

Baron, R.A. dan D. Byrne. 2005. Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Baron, R.A., Byrne, D., Branscombe, R.N. (2006). Social Psychology.11thEd. USA: Allyn & Bacon.

Bekkers & Wilhelm, M. O. (2007). Helping, empathy, princple of care.

http://www.philantrphy.jupuj.edu/Research/workingpapers/Helping-Empathy-care%20wilhelm%20bekkers%20-2006.pdf. (diakses tanggal 29 juni 2014).

Corey,Gerald. 2013. Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Rafika Aditama.

IKIP Mataram. 2011. Pedoman Pembimbing dan Penulisan Karya Ilmiah. IKIP Mataram.

KBBI, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online]Available at: http://kbbi.web.id/dengan [Diakses 21 Juni 2016]

Latipun. (2001). Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.

Lubis. 2011. Memahami Dasar-Dasar Konseling. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mussen, et.al. (1989). Perkembangan dan Kepribadian Anak. Dialih bahasakan oleh F. X Budiyanto, Gianto Widianto, Arum Gayatri. Jakarta: Arcan.

Sears, David O. (2009). Psikologi Sosial 2. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2010. Penelitian Kuantatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Tohirin, 2013. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi) Edisi Revisi, Jakarta: Rajawali Pers

Wandhy Ananditha. 2013 “Pengaruh layanan konseling behavioristik terhadap motivasi belajar siswa pada SMPN 9 Mataram Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Ikip Mataram.

Willis. 2010. Konseling Individu Teori dan Praktik. Bandung: Alfebeta.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v4i1.2144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics