PENERAPAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI

Ni Made Sulastri

Abstract


Anak usia dini memiliki kemampuan belajar luar biasa khususnya pada awal kanak-kanak. Dalam perkembangan anak usia dini banyak aspek yang dapat dikembangkan salah satunya adalah bahasa yang mencakup menyimak, berbicara, menulis dan membaca. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak adalah melalui metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan. Tujuan penelitian ini yaitu penerapan metode bercerita menggunakan boneka tangan untuk mengembangkan kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Mutiara Hati. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, subyek penelitian adalah semua anak kelas B yang berusia 5-6 tahun di PAUD Mutiara Hati Mataram yang berjumlah 15 anak. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini proses pembelajaran dilakukan dalam dua tahap pengembangan, setiap tahap pengembangan terdiri dari tiga kegiatan yaitu kegiatan awal menyiapkan media dan membuka wawasan anak tentang tema, kegiatan inti yaitu anak menyimak cerita dari guru, kegiatan penutup guru memberikan kesempatan pada anak mengungkapkan perasaannya. Hasil penelitian menunjukan tahap pengenbangan I dicapai persentasi nilai sebesar 73,16% kategori baik. Tahap pengembangan II nilai persentasi meningkat menjadi 81,25% kategori baik, dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan di PAUD Mutiara Hati Mataram dapat meningkatkan kemampuan berbicara.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Astuti, Evi Wijianti. 2012. Peningkatan Berbicara Dalam Bahasa Indonsia Melalui Penggunaan Metode Bermain Peran. Mataram: Universitas Mataram.

Bachir, S, Bacrtiar. 2005. Pengembangan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia.

Dhieni, Nurbiana. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuak.

Desmita. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hurlock, Elizabeth B. 1997. Perkembangan Anak Edisi Keenam. Jakarta : Erlangga.

Nurkencana, Wayan, Sumartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Singaraja: Usaha Nasional-Surabaya-Indonesia.

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.58. 2009. Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Romawati, Noovi. 2007. Metode Bercerita Anak Usia Prasekolah. Website: http://idb4. Wikispaces.com/metode+bercerit.

Satata, Sri. 2012. Bahasa Indonesia (Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian). Jakarta : Mitra Wacana Media.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung :Aalfa Beta.

Sujiono. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v4i1.2143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics