PENGARUH PENGGUNAAN WAKTU MENONTON TELEVISI DAN HANDPHONE TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DI LOMBOK
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pengaruh penggunaan waktu menonton televisi, Internet, dan handphone terhadap disiplin belajar siswa di Desa Kopang, Lombok Tengah. Sumbangan efektif (SE) penggunaan waktu menonton televisi sebesar 43,1%, mengakses handphone sebesar 0,1% terhadap disiplin belajar siswa. Besarnya sumbangan efektif penggunaan waktu menonton televisi, mengakses handphone terhadap disiplin belajar siswa adalah 7%%, sedangkan sisanya 93% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dengan demikian pengaruh penggunaan waktu menonton televisi memberikan sumbangan positif paling besar terhadap disiplin belajar siswa.
Full Text:
PDFReferences
Badjuri, Adi. (2010). Jurnalistik televisi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Baran, Stanley. J. (2012). Introduction to mass communication.(S. Rouli Manalu) Jakarta: Erlangga
Biagi, Shirley. (2010). Introduction to mass media. (Terjemahan Irfan dan Mahendra). Jakarta: Salemba Humanika
Davidson, Jeff. (2008). Ten minute guide managing your time. (Terjemahan Niken Hindreswari). Yogyakarta: Andi
Dawson, Prewitt, Dawson. (1977). Political sosialization. Toronto: Little, Brown and Company
Daniyal, M & Hassan, A (2013). Impact of television programs and advertisements on school going adolescents. Science and education policy. Research Journal. 7. 26-37.
Djamarah. (2008). Rahasia sukses belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Ezemenaka, E. (2013). The usage and impact of Internet enabled phones on academic concentration among students of tertiary institutions. Education and Development using Information and Communication Technology. Research Journal. 9. 162-173.
Grob, Bernard (1985). Basic tevision and video systems. USA: McGraw-Hill
Harris. I, Kevin, Trosby. (2010). Short message service. Cicester United Kingdom: Willey & Sons Ltd.
Hurlock, E. B. (1978). Child development (Meitasari Tjandrasa). Jakarta: Erlangga
Isaac, S & Michael, W. B. (1981). Hand book in research and evaluation. California-USA: Edit Publishers
Kaufman, M & Kiver, M. (2012). Television electronics. New Jersey: Springer
Mardapi, Djemari. (2012). Pengukuran penilaian & evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika
Mardapi, Djemari. (2008). Pengukuran penilaian & evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika
Nurgiyantoro. B, Gunawan, Marzuki. (2012). Statistik terapan. Yogyakarta: UGM
Rakhmat, Jalaluddin. (2011). Psikologi komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Santrok, J. W. (2009). Psikologi pendidikan (Terjemahan Diana Angelica). Jakarta: Salemba Humanika.
Semiun, Yustinus. (2006). Kesehatan mental. Yogyakarta: Kanisius
Senge, P. M (1996). Fifth discipline. (Terjemahan Nunuk Ardiarni). Jakarta: Binarupa Aksara
Simanjuntak. (2002). Dasar-dasar telekomunikasi. Bandung: PT Alumni
Shochib. (2010). Pola asuh pendidikan anak. Jakarta: Rineka cipta
Slameto. (2010). Belajar & faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta
Suyantoro, Sigit. (2005). Membuat ringtone dan MMS sendiri. Yogyakarta: Andi
Wibisono, Usman,Hantoro. (2008). Konsep teknologi seluler. Bandung: Informatika
DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v3i2.2138
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.