EFEKTIVITAS MEDIA BIG BOOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN BAGI SISWA KELAS AWAL DI SEKOLAH DASAR

Marzoan Marzoan

Abstract


Hasil studi menggunakan EGRA (Early Grade Reading Assessment) yang dilakukan oleh program Inovasi di kabupaten Lombok Utara yang dipublikasi pada September 2017 menunjukkan bahwa kemampuan membaca peserta didik untuk kelas dua sekolah dasar masih tergolong rendah. Dari 698 peserta didik yang dijadikan sample, diketahui baru 31,1 % yang mengenal huruf, 22,2% lancar membaca dan hanya 19,5% peserta didik yang memahami apa yang dibaca. Kondisi ini paling tidak mencerminkan masih rendahnya mutu pendidikan di Nusa Tenggara Barat dan umumnya di Indonesia, sekaligus memperkuat temuan hasil studi lembaga-lembaga internasional seperti PISA dan TIMMS. Bila ditelusuri lebih mendalam, diketahui ada beragam faktor yang menyebabkan masih rendahnya mutu pendidikan di Kabupaten Lombok Utara, salah satunya adalah terkait kemampuan guru dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran. Dari hasil observasi awal dan wawancara dengan beberapa orang guru yang dipilih secara acak diketahui bahwa sebagian besar guru masih menggunakan strategi pembelajaran yang monoton dan kurang kreatif dalam memilih media pembelajaran sesuai dengan perkembangan siswa. Berangkat dari kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan media Big Book terhadap keterampilan membaca bagi siswa kelas awal sekolah dasar di kabupaten Lombok Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan kuasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desain the nonrandomized control group, pretest–posttest. Penelitian ini menggunakan dua kelompok kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan media Big Book, sementara kelas kontrol adalah kelas yang tidak menggunakan media Big Book sebagai media pembelajaran. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN 2 Tanjung Kabupaten Lombok Utara yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas II A dan II B yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini adalah bahwa media Big Book dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. Hasil penelitian ini memperkuat temuan-temuan penelitian sebelumnya bahwa media Big Book dapat dengan efektif meningkatkan keterampilan membaca siswa terutama bagi siswa kelas awal.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Krisna (2016). Efektivitas Metode Steinberg Dengan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Nyaring. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 2, NO. 1 Januari 2016.

Burns, P.C. Roe, B.D., & Ross, E.P. (1996). Teaching Reading in Todays Elementary School. Boston: Houghton Mifflin.

Hasan, Helmi dkk. (2003). Buku Ajar Strategi Belajar Mengajar. Padang: UNP

Hasma T, Barasandji S, dan Muhsin (2014). Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Metode Bermain pada Siswa Kelas I SDN Nambo Kec. Bungku. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 1 ISSN 2354-614X 147.

Kusminah, (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Aspek Membaca Permulaan Sekolah Dasar. Journal of Educational Research and Evaluation, Vol. 1 No. 2, November, 2012, 113-119.

Lynch Priscilla. (2008). Using Big Books and Predictable Books. Canada: Scholastic Canada Ltd.

Marzano, R., Pickering, D., and Pollack, J. (2001). Classroom Instruction That Works: Researchbased Strategies for Increasing Student Achievement. Alexandria, VA: ASCD

Mcknight, Katherine S. (2010). The Teacher’s Big Book of Graphic Organizers. San Francisco: Jossey-Bass

Paivio, A. & Clark, J. M. (1991). Dual coding theory and education. Educational Psychology Review.

Septiyani, Sundari (2017) Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Dini. Jurnal Potensia , PG - PAUD FKIP UNIB , Vol. 2 No.1.

Solehuddin, dkk. (2008). Pembaharuan Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Somadoyo, Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tarigan Djago. (2005). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Dikelas Rendah. Jakarta. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

United States Agency International Development. Buku Sumber untuk Dosen LPTK: Pembelajaran Literasi di Kelas Awal di LPTK. http://www.prioritaspendidikan.org/id/ media/view/detail/297/buku-sumber-untukdosen-lptk--pembelajaran-literasi-di-kelas-awal-di-lptk.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v3i2.2136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics