PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI BERMAIN PLASTISIN (Penelitian Tindakan pada Kelas B PAUD MERPATI)

Khairul Huda, Nurul Iman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Merpati, Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (action research) model Kemmis dan Taggart, yang meliputi empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dengan memberikan suatu tindakan pada subjek yang diteliti melalui bermain plastisin sebagai variabel bebas dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial anak sebagai variable terikat. Hasil penelitian menunjukkan adanya proses peningkatan hasil pada keterampilan sosial anak melalui bermain plastisin. Hal ini dapat dilihat mulai dari hasil pra-intervensi sampai dengan siklus II dimana keterampilan sosial yang dimiliki siswa kelas B secara keseluruhan meningkat dengan rerata 49.3%. Hasil dari nilai rata-rata pra-.intervensi 34.7% dan meningkat sampai dengan 84% pada siklus II.


Full Text:

PDF

References


Amalina dkk. “Permainan Sosiodrama Terhadap Stimulasi Perkembangan Emosi Anak Usia Prasekolah”[email protected].

Elizaberd. Hourlock,Perkembangan Anak, Jakarta, PT. Glora Aksara Pratama, 2013.

George S. Morisson, Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, PT indeks, 2012.

Hamzah, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2010.

Ki Hajar Dewantara, Majlis Luhur Persatuan Taman Siswa Yogyakarta, 1977.

Morrison, Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, PT. Indeks, Jakarta, 2008.

Muhibbin, Psikologi Pendidikan, Bandung, Pt. Remaja Rosdakarya, 2010.

Ratna Pangastuti, Edutaintment Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta, Pustaka PeLajar 2014.

Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta, Prenada Media Group, 2011.

Siska, Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial, http://jurnal.upi.edu/8705, diakses 06 November 2014.

Perdani, “peningkatan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional”. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 8 Jakarta, 2014.

Soegeng,S.Konsep Pendidikan Anak Usia Dini, jakrta, 2011.

Yaumi dan Nurdin, Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak, (Jakarta, Kencana Prenadamedia Group).




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v3i2.2134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics