PENERAPAN TEKNIK STRUCTURE LEARNING APPROACH (SLA) DALAM MENINGKATKAN KESADARAN EMPATI DIRI SISWA MADRASAH ALIYAH AL BADRIYAH

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, Nuraeni Nuraeni

Abstract


Profesional konselor merupakan modal dasar yang akan menjamin suksesnya penyelengaraan pelayanan bimbingan dan konseling disekolah adalah berupa karakter personal yang ada dan dimiliki, modal personal yang terdiri dari; berwawasan luas, menyayagi anak, sabar dan bijaksana, lembut dan baik hati, serta tekun dan teliti. Modal yang kedua adalah modal profesinal yang terdiri dari; kemantapan wawasan, pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap. Yang ketiga adalah modal instrumenal yang yang salah satunya adalah penguasaan teknik bimbingan kalsikal dalam penegambagan kemadirian peserta didik dengan mengunakan teknik Structure Learning Approach (SLA).

Teknik Structure Learning Approach (SLA) merupakan sebuah metode pembelajaran yang dikembangkan oleh Thompson dengan langkah-langkah aplikasi yang saling berkiatan, teknik ini mempunyai lima tahap pembelajaran antara lain: Pertama, arahan (intruction). Kedua, pemberian model (modeling). Ketiga, bermain peran (role-play). Keempat, pemberian umpan balik (performance feedback). Kelima, pemberian tugas dan pemeliharaan (transfer of training and maintenance).

Empati merupakan pemahaman seseorang individu untuk dapat merasakan apa yang dirasakan orang lain dan memunculkan suatu tindakan positif untuk membantu seseorang melalui sebuah komunikasi. Empati terdiri atas interaksi proses psikologis yang meliputi mempengaruhi, kognisi, persepsi, proses komunikasi, gaya interpersonal, dan modalitas kebiasaan empatik, karakteristik kepribadian, interaksi, proses transferensi dan kontratransferensi.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah yang menjadi subjek penelitian termasuk dalam kategori rendah sebelum mendapatkan bimbingan berupa bimbingan kelompok teknik Structure Learning Approach. Yang terlihat dari nilai kuesioner empati (pre-test). Setelah itu subjek penelitian tersebut diberikan treatmen berupa bimbingan kelompok teknik Structure Learning Approach dan diukur kembali dengan memberikan kuesioner empati (post-test). Adapun dari hasil kuesioner empati (post-test) yang sudah diolah diperoleh data bahwa sudah ada peningkatan empati siswa dari kategori rendah menjadi kategori sedang. Selanjutnya hasil kuesioner ini di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik non parametrik yaitu uji t atau t-tes untuk mengetahui keefktifan dari bimbingan kelompok teknik Structure Learning Approach.


Full Text:

PDF

References


ABKIN. 2007. Rambu-Rambu Penyelengaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

Ahmad, H. 2013. Pengembagan Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP. Malang. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. (Tesis, Tidak diterbitkan)

Sprafkin, R. P., Gershaw, N. J. & Goldstein, A. P. 1993. Social Skills for Mental Health, a structured learning approach. Boston. Allyn and Bacon.

Thompson, A. R. 2003. Counseling Techniques, Second Edition, New York.

Aronoff, J. & Wilson, J. P. 1985. Personality in the social process. Livingston, NJ: Erlbaum.

Eisenberg, N., Murphy, B. C. & Shepard, S. 1997. Developmental Aspects of Empathic Accuracy. New York: Guilford Publications.

Fauzan, L., Hidayah, N., & Ramli, M. 2008. Teknik-Teknik Komunikasi Untuk Konselor. Malang: UPT BK UM.

Gladding, S. T. 2009. Counseling: a Comprehensive Profession. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Hoffman, M. L. 2001. Empathy and Moral Development-Implications for Caring and Justice. New York: Cambridge University Press.

Hojat, M. 2007. Empathy In Patien Care: Antecedents, Development, Measurement, and Outcomes. Philadelphia: Spinger.

May, R. 2010. The Art of Counseling. Alih Bahasa: Darmin Ahmad & Afifah Inayati. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pedersen, P. B., Crethar, H. C., & Calson, J. 2008. Inclusive Cultural Empathy: Making Relationships Centeral In Counseling and Psychoterapy. Washington DC: American Psychological Association.

Staub, E. 1979. Positive social behavior and morality. New York: Academic Press.

Wilson, J. P., & Thomas, R. B. 2004. Empathy In The Treatment of Trauma and PTSD. New York: Brunner Routledge.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v3i2.2132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics