EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK VALUES CLARIFICATION UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA DI SMK NEGERI 4 MATARAM

Jien Tirta Raharja, Farida Herna Astuti, I Made Sonny Gunawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan dari konseling ekelompok Values Calrification terhadap empati siswa di SMK Negeri 4 Mataram. Lebih lanjut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan true experimen. Desain penelitian yang digunakan yakni pre-test and post-test design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 8 orang siswa. Dalam penelitian ini instrument yang digunakan adopsi dari The Questionnaire of Cognitive and Affective Empathy (QCAE). Analisis data dilakukan melalui uji t atau t-tes. Dari hasil analisis dengan menggunakan uji t-tes diperoleh nilai t-hitung untuk kelompok ekperimen sebesar 24.531, sedangkan nilai t-tabel dengan db = 8-1= 7 dan taraf signifikansi 5% adalah sebesar 2.365, yang berarti nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (24.531 > 2.365). Kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai t-hitung yang diperoleh adalah signifikan maka dapat dikemukakan bahwa konseling kelompok Values Clarification (VC) efektif untuk meningkatkan empati siswa di SMK Negeri 4 Mataram.

Full Text:

PDF

References


Borba, M. 2008. Building Moral Intelligence: the Seven Essential Virtues That Teach Kids to Do the Right Thing. Alih Bahasa: Lina Jusuf. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dereli, E., & Aypay, A. 2012. The Prediction of Empathetic Tendency and Characteristic Trait of Collaboration on Humane Values in Secondary Education Students and the examining to Those Characteristics. Journal Educational Sciences: Theory & Practice. 12 (2) 1262-1270.

Gerdes, K. E., & Segal, E. A. 2009. A Social Work Model of Empathy. Journal Advances in Social Work.10. (2). 114-127.

Gunawan, I.M.S. 2016. Pentingnya Sebuah Pelatihan Untuk Meningkatkan Empati Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Seminar Nasional dengan Tema “Penguatan Orientasi Nilai dalam Bimbingan dan Konseling sebagai Upaya Pengembangan Karakter Generasi Muda Indonesia”. Yogjakarta: PPs. Universitas Negeri Yogjakarta.

Gunawan, I.M.S., & Majdi, M.Z.Z. 2018. Konseling Values Clarification Untuk Menumbuhkan Karakter Posistif Siswa. Seminar Nasional dengan Tema “Etika dan Profesi Konselor di Indonesia”. Jakarta: PPs. Universitas Negeri Jakarta.

Goleman, D. 1995. Emotional Intelegensi. London: Bloomsbury Publishing Plc.

Hall, B. 1973. Values Clarification as Learning Process. New York: Paulist Press.

Hinnant, J. B., & O’Brien, M. 2007. Cognitive and Emotional Control and Perspective Taking and Their Relations of Empathy in 5-Year-Old Children. The Journal of Genetic Psychology. 168. 3. 301-322.

Ioannidou, F., & Konstantikaki, V. 2008. Empathy and emotional intelligence: What is it really about?. International Journal of Caring Sciences. 1. 3. 118-123.

Kirschenbaum, H. 2013. Values Clarification in Counseling and Psychotrapy (Practical Strategies for Individual and Group Settings). USA: Oxford University Press.

Lickona, T. 2012. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Times Company.

Nunes, P., Williams, S., Bidyadhar Sa, & Stevenson, K. 2011. A study of empathy decline in students from five health disciplines during their first year of training. International Journal of Medical Education. 2. 1. 12-17

Reniers, R.L.E.P., Corcoran, R., Drake, R., Shryane, N.M., & Vollm, B.A. 2011. The QCAE: A Questionnaire of Cognitive and Affective Empathy. Journal of Personality Assessment. 93 (1) 84-95.

Ripoll, L. H., dkk. 2013. Empathic Accuracy and Cognition in Schizotypal Personality Disorder. Journal Psychiatry Research. 210. 1. 232-241.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v3i2.2128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics