STRATEGI PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI MI THORIQUL HIDAYAH LEONG KABUPATEN LOMBOK UTARA

Abdurrahman Abdurrahman, Ni Ketut Alit Suarti

Abstract


Kurikulum memegang pranan yang sangat penting dalam pendidikan. karena dengan adanya kurikulum dapat menentukan arah, isi, dan proses pendidikan, yang pada akhirnya menentukan kualifikasi lulusan suatu lembaga pendidikan. oleh karena itu kurikulum harus dikelola dan dikembangkan berdasarkan sesuai dengan situasi dan kondisi dimana sekolah itu berada. salah satu strategi pengembangan kurikulum yang dilakukan di MI Thoriqul Hidayah leong, Desa tegal maja Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara  yaitu melalui beberapa tahapan diantaranya yaitu Sebelum menyusun rencana strategi pengembangan kurikulum di MI Thoriqul Hidayah Leong maka kepala sekolah terlebih dahulu memilih sesorang penanggung jawab yaitu kepala bidang kurikulum Selanjutnya kepala bidang kurikulum menjalankan atau menyusun rencana pengembangan kurikulum. Setelah proses penyusunan kurikulum. tahapan berikutnya adalah melaksanakan kurikulum tersebut dalam bentuk aktualisasi dilapangan yakni melalui proses pembelajaran dikelas. dan yang terakhir yaitu  diadakannya evaluasi semua program pembelajaran oleh kepala madrasah. Namun terkadang semuanya tidak berjalan dengan baik, disebabkan karna adanya hambatan-hambatan dalam proses pengembangan kurikulum tersebut yaitu berasal dari guru itu sendiri. karna pada dasarnya berhasil atau tidaknya pengembangan kurikulum  terletak pada guru itu sendiri, oleh karena itu, gurulah pemegang kunci pelaksanaan dan keberhasilan kurikulum, dialah sebenarnya perencana, pelalaksanaan, penilai dan pengembang kurikulum sesungguhnya.

Kata Kunci: Strategi, Pengembangan, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Nana Saodiha Sukma Dinata, pengembangan kurkulum teori dan praktek, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2004.

Sanjaya Wina, kurikulum dan pembelajaran, Jakarta: Kencana,2008.

Mulya. E. kurikulum tingkat satuan pendidikan, Bandung: Rosda,2008.

Dakir, perencanaan dan pengembangan kurikulum, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Dimayati dan Mujiyono, belajar dan pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta,2006.

Fahmi Amrullah, Buku Pintar Bahasa tubuh untu guru, Jogjakarta: DIVA Press,2012.

Lexsy, metode penelitian kuantitatif, Bandung:PT Remaja Rosda Karya,2006.

Moleong, metodologi penelitian kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya,2012.

Margono, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta,2005.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Tutorial Penelitian, “Triangulasi dan Validasi Penelitian Kualitatif” dalam http://tu.laporanpenelitian.com

Undang-Undang Republik Indonesia No.2o Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) Beserta penjelasannya, Bandung: Citra Umbara, 2003.

Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif , Jakarta: Kencana Pernada Media, 2007.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v3i2.2127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics