PENGARUH KONSELING SOLUTION FOCUSED BRIEF THERAPY (SFBT) TERHADAP KONTROL DIRI SISWA KELAS VIII DI SMPN 6 TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT

Fero Sasri Julita, H. M. Syarafuddin, Ahmad Muzanni

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Solution Focused Brief Therapy (SFBT) Terhadap Kontrol Diri Dalam Berperilaku Seksual Siswa  Kelas VIII di SMPN 6 Taliwang KSB Tahun Pelajaran 2018/2019. Adapun jenis rancangan yang digunakan adalah eksperimen dan salah satu bentuk eksperimennya adalah eksperimental-semu atau quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 6 Taliwang KSB yang mengalami masalah dalam kontrol diri dalam berperilaku seksusal yaitu 61 orang siswa dan sampel yang digunakan adalah 9 orang siswa. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok. Untuk menganalisis data mengguanakan rumus t-test. Hasil penelitian yaitu: nilai t hitung sebesar 5,438 dan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (N-1) = 8 sebesar 2,306. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar dari pada nilai t tabel (5,438>2,306), sehingga dapat disimpulkan “signifikan”. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) di terima. Maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah Ada Pengaruh Konseling Solution Focused Brief Therapy (SFBT) Terhadap Kontrol Diri Siswa  Kelas VIII di SMPN 6 Taliwang KSB Tahun Pelajaran 2018/2019.

Full Text:

PDF

References


Afifuddin & Saebani, Ahmad. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Aroma, Iga Serpianing. & Suminar, Dewi Retno. (2012). Hubungan Antara Tingkat Kontrol Diri Dengan Kecendrungan Perilaku Kenakalan Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan. Vol. 1, No. 02, Hal. 1-6.

Azwar, Saifuddin. 2012. rehabilitas dan validitas. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, Hamid. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Eka, Dewa Ayu. (2014). Konseling Singkat Berfokus Solusi Untuk Meningkatkan Orientasi Masa Depan Bidang Pendidikan Pada Remaja SMP 4 Pandak Bantul, Yogyakarta. Tesis S2. Universitas Ahmad Dahlan.

Fernando, Frendi. & Rahman, Imas Kania. (2016). Konsep Bimbingan Dan Konseling Islam Solution Focused Brief Therapy (SFBT) Untuk Membantu Menyembuhkan Perilaku Prokrastinasi Mahasiswa. Jurnal Edukasi. Vol. 2, No. 2, Hal. 215-236.

Ghufron, M. Nur. & Risnawita, Rini. (2014). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gunarsa, Singgih D. (2009). Dari Anak Sampai Usia Lanjut. Jakarta: Gunung Mulia.

Hartati, Aluh. (2013). Keefektifan Konseling Ringkas Berpusat Solusi Untuk Meningkatkan Pengendalian Diri Dalam Berperilaku Seksual Siswa SMK NEGERI 2 Malang. Tesis S2. Universitas Negeri Malang.

Miranda, Jessica. (2017). Penerapan Solution-Focused Brief Therapy Dalam Meningkatkan Self-Esteem Pada Remaja Perempuan Penderita Leukemia. Indonesian Journal Of Cancer. Vol. 11, No. 2, Hal. 43-48.

Pratiwi, Manis Anggara. & Nuryono, Wiryo. (2014). Penerapan Solution Focused Brief Therapy (SFBT) Untuk Menungkatkan Harga Diri Siswa Kelas XI Bahasa SMA AL-Islam Krian. Jurnal BK. Vol. 04, No. 03, Hal. 1-7.

Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Salsabiela, Rizkia. (2017). Hubungan Antara Religiusitas Dengan Perilaku Seks Bebas Pada Siswa SMA Z Surakarta.

Sarwono, Sarlito Wirawan. (2013). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v3i1.2117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics