PENERAPAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TIPE PEMODELAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SEKOLAH DASAR

M. Zainal Mustamiin, M. Samsul Hadi

Abstract


Pembelajaran yang baik dan berkualitas adalah pembelajaran yang mampu membuat siswa berinteraksi dan bekerjasama disaat proses pembelajaran berlangsung. Salah satu teknik pembelajaran yang digunakan adalah Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Tipe Pemodelan.  Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi dan evaluasi tes hasil belajar. Teknik analisis daata dengan teknik analisis skor rata-rata tes siswa dan teknik analisis hasil belajar dengan ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian yang peroleh pada siklus I yakni skor rata-rata tes siswa adalah 73,33% dengan jumlah siswa yang tuntas 11 orang sedangkan yang tidak tuntas 5 orang. Pada siklus II skor rata-rata tes 84,38% dengan jumlah siswa yang tuntas 16 siswa dari jumlah siswa keseluruhannya dan pada siklus ini tidak ada siswa yang tidak tuntas.


Full Text:

PDF

References


Elaine B. Johnson (2002). CTL (Contextual Teaching & Learning) Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa Learning.

Mohammad Asrori (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.

Ramayulis (2010). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Kalam Mulia.

Rusman (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sugiono (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sukidin, Basrowi, Suranto (2008). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.

Syaiful Bahri Djamarah dan Azwan Zain (2002). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Rineka Cipta.

Wayan Nurkencana dan PPN Sunartana (1990). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Wijaya Kusumah dan Dedy Dwitagama (2011). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Indeks.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v3i1.2115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics