PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI PAUD PERMATA BANGSA

Eneng Garnika, Ni Ketut Alit Suarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Dukungan Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. Penelitian ini didasari pada permasalahan kemandirian anak yang beragam di kelompok usia yang sama. Populasi penelitian ini berjumlah 50 anak dengan sampel sebanyak 20 anak didik yang diambil dengan purposive sampling. Metode  pengumpulan data dalam penelitian ini, adalah kuesioner. Berdasarkan jenis data dan hipotesis, maka peneitian ini menggunakan statistik nonparametris, dimana data yang akan dianalisis berbentuk ordinal. Metode analisis non parametris dalam penelitian ini adalah metode korelasi spearman rank. Uji korelasi spearman rank adalah uji statistik yang ditujukan untuk mengetahui hubungan/pengaruh antara dua atau lebih lebih variabel berskala ordinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Rho hitung dukungan orang tua sebesar (0, 941) lebih besar dari rho tabel (0,450) artinya hipotesis alternatif (ha) diterima dan hipotesis nihil (ho) ditolak dengan sumbangan pengaruh sebesar 88,5 % san sisanya 11,5 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Lestari, Sri. 2012. Psikologi Keluarga Penanaman Nilai & Penanganan Konflik Dalam Keluarga. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Setiadi. 2008. Konsep & Proses Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Di Lengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Prenamedia Group.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yamin. Martin & Sanan. Jamilah abri. 2012 Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Jambi: Gaung Persada Press Group.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v3i1.2105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics