PENGARUH KONSELING COGNITIVE DISPUTATION TERHADAP SELF CONFIDENCE SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.33394/realita.v10i2.17436Abstract
Abstrak. 2025. Self confidence adalah keyakinan terhadap kemampuan diri, yang mencakup inisiatif dalam bertindak, keberanian untuk menyampaikan pendapat tanpa ragu, serta sikap positif dalam menghadapi stres dan tantangan, mempengaruhi cara individu berinteraksi dalam situasi sosial dan akademis. Masalah kepercayaan diri siswa seringkali terlihat dari rendahnya keyakinan diri yang menghambat partisipasi mereka dalam pembelajaran. Konseling cognitive disputation adalah bagian dari teknik Rational Emotive Behavior Therapy yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pemahaman, dan pengembangan diri, dengan mendorong individu mengidentifikasi dan menentang pikiran-pikiran irasional untuk berpikir secara rasional dan logis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah Ada Pengaruh Konseling Cognitive Disputation Terhadap Self Confidence Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 4 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025?". Tujuan dari penelitian ini adalah "Untuk Mengetahui Pengaruh Konseling Cognitive Disputation Terhadap Self Confidence Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 4 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025". Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji Wilcoxon Signed-rank test sebagai alternatif non-parametrik dari Paired Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor yang signifikan antara kondisi pre-test dengan post-test. Nilai signifikansi 0,012 < 0,05 menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak, yang berarti ada pengaruh konseling cognitive disputation terhadap self confidence siswa kelas VIII di SMPN 4 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025. Penerapan teknik konseling cognitive disputation ini terbukti secara signifikan meningkatkan harga diri siswa dengan membantu mereka mengenali dan mengatasi pikiran negatif, serta menggantinya dengan pola pikir yang lebih realistis.
Kata Kunci: Konseling Cognitive Disputation, Self Confidence