Strategi Kolaboratif Wali Kelas dan Guru BK dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar

Authors

  • Muhammad Nasrudin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Jawa Barat Indonesia, Indonesia
  • Nanaz Nur Fadillah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Jawa Barat Indonesia, Indonesia
  • Apip Rudianto Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Jawa Barat Indonesia, Indonesia
  • Anas Salahudin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Jawa Barat Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/realita.v10i2.17420

Abstract

Layanan bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar memiliki peran penting dalam membantu peserta didik mengatasi permasalahan perkembangan, baik secara akademik maupun sosial-emosional. Namun pada praktiknya, masih banyak sekolah dasar yang menghadapi keterbatasan guru BK. Permasalahan ini mendorong perlunya strategi alternatif, salah satunya melalui kolaborasi antara wali kelas dan guru BK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kolaboratif yang digunakan dalam pelaksanaan layanan BK di SDU AL- Izzah kota Bandung. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunujukkan bahwa wali kelas berperan aktif dalam mengidentifikasi permasalahan peserta didik, melakukan pendekatan awal, serta berkoordinasi dengan guru BK dalam penyusunan tindak lanjut. Kolaborasi ini terbukti membantu efektivitas layanan BK meskipun kehadiran guru BK terbatas. Strategi ini juga memperkuat komunikasi antara pihak sekolah dan orang tua dalam mendukung perkembangan peserta didik secara holistik.

Downloads

Published

08-10-2025

How to Cite

Nasrudin, M., Fadillah, N. N., Rudianto, A., & Salahudin, A. (2025). Strategi Kolaboratif Wali Kelas dan Guru BK dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar . Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(2), 2934–2942. https://doi.org/10.33394/realita.v10i2.17420

Citation Check