Dampak Kekerasann Rumah Tangga terhadap Perilaku Membolos Siswa: Studi Kasus Pada Siswa Di Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.33394/realita.v10i2.16825Keywords:
domestic violence, traumatic, truancyAbstract
Kekerasan dalam rumah tangga bukan hanya menjadi luka mendalam bagi korban langsung, melainkan juga menciptakan gelombang traumatik yang dahsyat bagi anak-anak yang menyaksikan, termasuk perilaku di lingkungan sekolah. Akan tetapi, belum banyak penelitian yang mengungkap tentang dampak kekerasan rumah tangga terhadap perilaku membolos. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami secara mendalam dampak menyaksikan langsung kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan ayah terhadap ibu dengan perilaku membolos seorang siswa di salah satu Sekolah Menengah Atas swasta di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Analisis data diolah secara deskriptif fenomenologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku membolos siswa A tidak semata-mata merupakan bentuk ketidakdisiplinan, melainkan sebuah mekanisme aktif untuk melindungi ibunya dari tindakan kekerasan yang dilakukan oleh ayahnya. Ketidakhadiran di sekolah menjadi cara bagi siswa A untuk memantau situasi di rumah dan berupaya mencegah atau mengurangi potensi terjadinya kekerasan dalam rumah tangga terhadap ibunya.
References
Arifiyani, I., & Setijanti, P. (2022). Ruang Publik Sebagai Optimalisasi Pengembangan Diri Remaja dengan Pendekatan Psikologi Arsitektur: Surabaya Youthcenter. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 10(2), 60–65. https://doi.org/10.12962/j23373520.v10i2.69399
Bahari, A. N., & Nursalim, M. (2024). Hubungan Antara Perilaku Asertif Dan Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Membolos Pada Peserta Didik Kelas X Smk …. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 56–67.
Carolus Borromeus Mulyatno. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling.
Damayanti, F. A., & Setiawati, D. (2013). Studi Tentang Perilaku Membolos Pada Siswa Sma Swasta Di Surabaya. Bk Unesa, 03, 454–461.
Fitriyatunnisa, Afiati, E., & Putri, C. (2023). Profil Perilaku Membolos dan Implikasi Terhadap Program Bimbingan dan Konseling Pendahuluan Sebagai generasi yang akan melanjutkan generasi sebelumnya , remaja harus selalu memperoleh bimbingan berkelanjutan oleh pendidik dan orang tua . Menurut Hurlock (. Diversity Guidance and Counseling Journal, 1(3), 13–20.
Hastuti, F. (2013). Strategi Koping Pada Siswa Dengan Perilaku Agresif Di Smp Negeri 9 Depok. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 1–108. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25544
Hotimah, A. H., Tasawuf, J., Psikoterapi, D., Uin, U., Gunung, S., & Bandung, D. (2023). 4.0 license-https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ 298 Reformulasi Model Kecerdasan Intelektual dalam Perspektif Tasawuf. Gunung Djati Conference Series, 19, 298–308.
Imansyah, N. (2021). ANALISIS PERILAKU MEMBOLOS SISWA DAN PENANGANANYA (STUDI KASUS SISWA DI SMP NEGERI 2 PANGKAJENE).
Kerig, P. K. (2023). Introduction to the Special Section: Developmental Perspectives on Trauma Exposure and Posttraumatic Stress. Journal of Child and Adolescent Trauma, 16(2), 381–390. https://doi.org/10.1007/s40653-023-00557-7
Kusaini, U. N., Ananda, S., Wulandari, N., Andini, R. C., Pratama, M. R., Addinda, D. P., Putri, N., & Oktrianda, A. (2024). Studi Analisis Perilaku Membolos pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2021 Univeritas Jambi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 4(3), 9274–9283.
Lee, H., Boyd, R., Slack, K. S., Mather, R. S., & Murray, R. K. (2022). Adverse Childhood Experiences, Positive Childhood Experiences, and Adult Health. Journal of the Society for Social Work and Research, 13(3), 441–461. https://doi.org/10.1086/712410
Mendonca, B. (2024). Akar Psikologis KDRT: Analisis Melalui Teori Kriminalitas Sigmund Freud. Krajan.Id. https://www.krajan.id/akar-psikologis-kdrt-analisis-melalui-teori-kriminalitas-sigmund-freud/
Nefiva, A., & Wiryosutomo, H. W. (2022). Studi Tentang Perilaku Membolos Pada Remaja Broken Home Di SMA Negeri 17 Surabaya. Jurusan S1 Bimbingan Dan Konseling, 1081–1089.
Nopiarni, R., Yandri, H., & Juliawati, D. (2019). PERILAKU MEMBOLOS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4 . 0 Ririn Nopiarni Hengki Yandri Dosi Juliawati Abstrak. Jurnal Bikotetik, o3(01), 115–215.
Nugraha, C. A., Hidayat, R. R., & Susilo, A. T. (2022). Studi Kasus Perilaku Membolos Dua Siswa SMK. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 3(1), 32. https://doi.org/10.20961/jpk.v3i1.28752
Nurfaizah, I. (2023). Dampak Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Terhadap Kesehatan Mental Anak. Gunung Djati Conference Series, 19, 95–103.
Nursalim, Y. (2019). Studi Tentang Perilaku Membolos Siswa di SMP Negeri 2 Semen Puhsarang Kabupaten Kediri. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
Pusparini, D., & Swardhana, G. M. (2021). Urgensi Perlindungan Hukum Terhadap Jurnalis Perempuan Berspektif Kesetaraan Gender. Jurnal Magister Hukum Udayana (Udayana Master Law Journal), 10(1), 187. https://doi.org/10.24843/jmhu.2021.v10.i01.p15
Rahayu, W. D., Hendriana, H., & Fatimah, S. (2020). Perilaku Membolos Peserta Didik Ditinjau Dari Faktor-Faktor Yang Melatarbelakanginya. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(3), 99. https://doi.org/10.22460/fokus.v3i3.5253
Rahmadani, D. T., Fitriana, S., & Nihlatin Nisa, A. (2024). Studi Fenomenologi Coping Stress Siswa Korban KDRT. Jurnal Wahana Konseling, 7(1), 24–35. https://doi.org/10.31851/juang.v7i1.14642
Restia, V., & Arifin, R. (2020). Perlindungan Hukum Bagi Anak Sebagai Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga. Nurani Hukum, 2(1), 23. https://doi.org/10.51825/nhk.v2i1.5018
Rini, R., & Muslikah, M. (2020). Hubungan Peran Keluarga dan Kontrol Diri dengan Perilaku Membolos Siswa. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,†4(1), 17–34. https://doi.org/10.21043/konseling.v4i1.7415
Sariyasni, & Budiyono. (2019). Studi Tentang Perilaku Membolos pada Siswa Di Kabupaten Banyuasin. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 799–810.
Setiawati, S. M. (2020). Perilaku Membolos: Penyebab, Dampak, dan Solusi. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2021, 99–108.
Silvi Indah Ariyanah, & Nur Fahmawati, Z. (2024). Pengaruh Kontrol Diri dan Dukungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Membolos Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 959–971. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5252
Sousa, M., Machado, A. B., Pinheiro, M., Pereira, B., Caridade, S., Almeida, T. C., Cruz, A. R., & Cunha, O. (2025). The Impact of Positive Childhood Experiences: A Systematic Review Focused on Children and Adolescents. Trauma, Violence, and Abuse. https://doi.org/10.1177/15248380251320978
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Sutiawati, S., & Mappaselleng, N. F. (2020). Penanggulangan Tindak Pidana Kekerasan dalam Rumah Tangga di Kota Makassar. Jurnal Wawasan Yuridika, 4(1), 17. https://doi.org/10.25072/jwy.v4i1.315
Syawitri, M., & Afdal, A. (2020). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Relasi Kuasa Pelaku Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT). JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 5(1), 37. https://doi.org/10.29210/02598jpgi0005
Tsani, B. A., Muh, M. F. A. F., Az Zuhdi, M. A. W., & Habib, F. R. (2024). Konformitas Perilaku Membolos Siswa di Sekolah Tingkat SMA/SMK. Indonesian Journal of Innovation Science and Knowledge, 1(1), 139–155.
Wahyuni, N, Mumpuni, R, & Puspitaningrum, s. D. (2022). Pencegahan Permasalahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (Kdrt) Di Dusun Sembur Desa Tirtomartani. https://bps.go.id/Kalasan.Sleman
Widyatmika, I. M. G., Kurniawan, L. S., & Ariani, N. K. P. (2020). Analisis dampak trauma Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) terhadap kecerdasan emosional anak di Desa Beraban, Tabanan, Bali. Isainsmedis.Id, 11(3), 1404–1408.
https://doi.org/10.15562/ism.v11i3.804
Zheng, R. (2024). The Impact of Adverse Childhood Experiences on Educational Outcomes in Adolescents. Journal of Education, Humanities and Social Sciences, 26, 634–640. https://doi.org/10.54097/qg7vxm92