The Effect of Individual Counseling with Cognitive Restructuring Techniques to Increase the Resilience of Students of Smk Negeri 4 Bandar Lampung
DOI:
https://doi.org/10.33394/realita.v10i2.16641Keywords:
Individual Counseling, Resilience, Cognitive RestructuringAbstract
References
Anggraini, F. B., Andriansyah, H., & Pracella, A. Y. (2023). Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Resiliensi Dan Problem Solving Remaja di SMK Negeri 3 Kota Bengkulu. DAWUH: Islamic Communication Journal, 4(2), 54-61.https://doi.org/10.62159/dawuh.v4i2.1096
Agow, Michael Riedel Akwila, and Ariantje J. A Sundah. “Efektifitas Konseling Kelompok Teknik Cognitive Restructuring Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa SMP Negeri 8 Touluaanâ€.†Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9, no. 24 (2023): 986–95.
Azizah, R. N., & Abadi, A. P. (2022). Kajian pustaka: resiliensi dalam pembelajaran matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 104-110.https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2061
Fadillah, Silvia Anggita Putri, and Tamsil Muis. “Keefektifan Penggunaan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Meningkat Resiliensi Siswa.†PD ABKIN JATIM Open Journal System 1, no. 1 (2020): 416–21. https://doi.org/10.1234/pdabkin.v1i1.66
Fitriani, Devitasari, and Muhammad Nursalim. “Penerapan Program RAP (The Resourceful Adolescents Programme) Untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa Kelas X Tahun Pelajaran 2014-2015 SMK N 1 Cereme, Gresik.†Universitas Negeri Surabaya, 2015, 1–10.
Habibah, R., Muhopilah, P., Muhammad, A. A. N., & Rahmawati, E. (2024). Konseling Kelompok Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(7), 638-643.https://doi.org/10.59837/1qac2616
“Karen Reivich_Andrew Shatté, Ph.D - The Resilience Factor_ 7 Keys to Finding Your Inner Strength and Overcoming Life’s Hurdles-Potter_TenSpeed_Harmony_Broadway Books, Random House, Incorporated Distr.Pdf,†n.d.
Karlina, L. (2020). Fenomena terjadinya kenakalan remaja. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 147-158.
Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku konsumtif di kalangan remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).
Saputro, K. Z. (2018). Memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25-32.
Shabrina, F. N., Sigumonrong, G. E. R., Isnandini, N., & Putri, S. A. E. (2022). Distres sebagai mediator antara resiliensi dan well being pada dewasa di Indonesia. Psikologika, 26(2). https://doi.org/10.20885/psikologika.vol26.iss2.art6
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (8th ed.). Bandung: Alfabeta.
Utami Fitri, Hartika, and Kushendar Kushendar. “Konseling Kelompok Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik Mahasiswa.†Bulletin of Counseling and Psychotherapy 1, no. 2 (2019): 67–74. https://doi.org/10.51214/bocp.v1i2.2.
Ni, Uyun, Rohana Maryam, and Agus Rizal. “Esensi Kepustakaan Cognitive Restructuring Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling.†Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia 07, no. 01 (2024).
Noviandari, Harwanti, and Jawahirul Kawakib. “Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Self Efficacy Belajar Siswa.†Jurnal Psikologi 3, no. 2 (2016): 76–86.
Wahidin, U. (2017). Pendidikan karakter bagi remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03), 256-269