KUALITAS SUPERVISI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMK CENDEKIA BATUJAJAR BERDASARKAN LATAR BELAKANG SUPERVISOR

Authors

  • Amanda Shalsabila Gunawan Bimbingan dan Konseling, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Jawa Barat, Indonesia, Indonesia
  • Annisa Nur Aulia Bimbingan dan Konseling, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Jawa Barat, Indonesia, Indonesia
  • Hanna Berliana Bimbingan dan Konseling, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Jawa Barat, Indonesia , Indonesia
  • Siti Hajar Munfarijah Bimbingan dan Konseling, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Jawa Barat, Indonesia , Indonesia
  • Muhammad Rezza Septian Bimbingan dan Konseling, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Jawa Barat, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/realita.v10i2.15956

Abstract

Guru Bimbingan dan Konseling (BK) sebagai konselor sekolah kerap mengalami berbagai kendala yang berasal dari beragam faktor, maka dari itu perlunya supervisi dilakukan kepada para guru BK sebagai upaya untuk mendorong, mengkoordinasikan, dan membimbing pertumbuhan profesional guru secara terus-menerus. Kenyataan dilapangan masih banyaknya supervisor yang tidak memiliki latar belakang pendidikan dari bimbingan dan konseling, sehingga dikhawatirkan memengaruhi efektivitas supervisi yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas supervisi program bimbingan dan konseling di sekolah SMK Cendekia Batujajar, ditinjau dari latar belakang pendidikan supervisor. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur dan wawancara terhadap guru BK di SMK Cendekia. Subjek penelitian adalah supervisor guru BK di SMK Cendekia yang berlatar belakang pendidikan psikologi. Hasil penelitian menunjukkan meskipun supervisor BK di SMK Cendekia tidak berlatar belakang pendidikan BK secara spesifik, tetapi proses supervisi bisa tetap berjalan secara efektif karena didukung oleh pemahaman yang relevan terhadap dinamika psikologis siswa, komunikasi yang baik dan komitmen terhadap pengembangan profesional guru BK.

Kata Kunci: Supervisi, Pendidikan, Kualitas

References

Adolph, R. (2016). Supervisi Manajerial dan Dampak Kualitas Layanan Bimbingan Konseling di Kabupaten Muratara. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(2), 1-23.

Akbar, A. A., Zuleyka, A., Hanum, N. C., Sari, Y. N., & Bhakti, C. P. 2022. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda , Bermakna , Mulia, 8 (2), 24-28.

Amelisa, M. 2018. Supervisi Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Layanan Konseling Guru Bk. Tapis, 02(1), 109-127.

Defriansyah, D., Azwar, B., & Hartini, H. 2023. Pelaksanaan Supervisi Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kompetensi Layanan Konseling. Muhafadzah, 3(1), 1-8. https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v3i1.593

Rahim, M., Hulukati, W., & Siregar, I. K. 2022. Pelaksanaan Supervisi Bimbingan dan Konseling di Provinsi Gorontalo. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 11(2), 62-74. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/60823%250

Rahmawati, E. 2020. Dampak Supervisi Bimbingan dan Konseling Terhadap Kinerja Guru BK Universitas Pendidikan Indonesia| repository.upi.edu| perpustakaan.upi.edu. Universita Pendidikan Indonesia, 3, 1-12. repository.upi.edu

Rahim, M., & Hulukati, W. 2022. Pelaksanaan Supervisi Bimbingan dan Konseling di Provinsi Gorontalo. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(Special Ed), 62-74.

Sarwono, J. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Mauliza, R., Dahliana Abd & Martunis. 2018. Profil Guru BK Tersertifikasi dalam Penyusunan Dan Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 3(2), 50-57.

Wutsqo, B. U., Amalianingsih, R., Kiranida, O., Marjo, H. K., & Jakarta, U. N. 2021. Masalah Kompetensi Supervisor Dalam Supervisi Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 51-59.

Downloads

Published

08-10-2025

How to Cite

Gunawan, A. S., Aulia, A. N., Berliana, H., Munfarijah, S. H., & Septian, M. R. (2025). KUALITAS SUPERVISI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMK CENDEKIA BATUJAJAR BERDASARKAN LATAR BELAKANG SUPERVISOR. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(2), 2791–2799. https://doi.org/10.33394/realita.v10i2.15956

Citation Check