Dinamika Pendekatan Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual pada Siswa

Pecilia Defri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami dinamika pendekatan bimbingan dan konseling dalam penguatan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di SMPN 4 Tigo Lurah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis dengan metode triangulasi untuk memastikan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan dan konseling memiliki peran yang signifikan dalam membantu siswa mengenali, memahami, dan mengelola emosi, serta membangun kesadaran spiritual yang lebih mendalam. Kecerdasan emosional siswa tercermin dalam kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan lingkungan, mengelola tekanan, dan menjalin hubungan sosial yang positif. Sementara itu, kecerdasan spiritual terlihat dari kemampuan siswa dalam memahami makna hidup, meningkatkan ketahanan dalam menghadapi kesulitan, dan menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Tantangan yang dihadapi dalam implementasi program bimbingan dan konseling meliputi keterbatasan waktu, dukungan keluarga yang bervariasi, serta pengaruh teknologi dan media sosial. Namun, dengan pendekatan yang tepat dan dukungan dari berbagai pihak, program ini dapat dioptimalkan. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kolaborasi antara guru BK, orang tua, dan pihak sekolah untuk memastikan efektivitas program bimbingan dan konseling dalam membentuk karakter siswa yang lebih kuat secara emosional dan spiritual


Keywords


Dinamika Bimbingan dan Konseling, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual

Full Text:

PDF

References


BIMO, D., & ANGGRAINI, C. C. D. (2024). Pengaruh Kecerdasan Intektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa …. … Ekonomi, Sosial & …, 6(2), 51–61. https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/1043%0Ahttps://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/download/1043/776

Bungin, B. (2001). Metodologi penelitian kualitatif. PT. Pustaka Belajar.

Dewi, S. R., & Yusri, F. (2023). Kecerdasan Emosi Pada Remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 65–71. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.109

DR. Hamuni Muhammad Idrus, Ms., & Dra Aswati, Mp. M. (2022). Perkembangan Peserta Didik Penerbit Cv.Eureka Media Aksara. Cv. Eureka Media Aksara, 122.

Eka, S., & Sugiarto, A. (2022). Pengaruh kecerdasan emosional, self-efficacy, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 6(1), 47. https://doi.org/10.33603/jibm.v6i1.6781

Moleong, L. . (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Muali, C., & Fatmawati, S. (2022). Peran Orang Tua Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak; Analisis Faktor dan Strategi dalam Perspektif Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 3(2), 85–100. https://doi.org/10.53802/fitrah.v3i2.135

Nabila, S. F. (2022). PERKEMBANGAN REMAJA Adolescense Sofa Faizatin Nabila. Book Chater, March, 1–12. https://www.researchgate.net/publication/359369967_PERKEMBANGAN_REMAJA_Adolescense

Ramadhani, F. E., & Khusnul Khotimah. (2023). Memahami Kecerdasan Emosional dan Spiritual Melalui Lensa Islam. MERDEKA : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 1–17. https://doi.org/10.62017/merdeka.v1i2.196

Sari, D. F. (2022). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Stie Yadika Bangil. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(1 Juni 2022), 145–154. https://www.bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/2473

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r & d). Penerbit Alfabeta.

Suryana, E., Hasdikurniati, A. I., Harmayanti, A. A., & Harto, K. (2022). Perkembangan Remaja Awal, Menengah Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 1917–1928. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3494




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v10i1.14352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Web Analytics