KOLABORASI GURU BK DAN GURU MATEMATIKA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI SMAN 1 PARE

Muh Madhani Rahmatullah, Dealova Savara, Rizqika Ghina Salsabila, Fahma Ningrum Rahmasari, Grace Luvita Artika Sinambela, Noni Bela Maulida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar akademik pada siswa dalam mata pelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Pare. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi langsung dan wawancara mendalam yang melibatkan guru, siswa kelas 12 dan guru BK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar dipengaruhi oleh faktor internal, seperti motivasi rendah, kecemasan, dan kelemahan pemahaman konsep dasar akibat pembelajaran daring selama pandemi. Selain itu, faktor eksternal seperti metode pengajaran, lingkungan belajar, dan perubahan kurikulum juga memengaruhi kesulitan siswa. Untuk mengatasi kendala ini, guru menerapkan berbagai strategi, termasuk permainan berbasis teknologi (Quizziz), diskusi kelompok, asesmen diagnostik, dan evaluasi berbasis proyek. Strategi ini terbukti membantu meningkatkan pemahaman siswa dan membangun motivasi belajar dan didukung dengan peran aktif guru BK, yang membantu meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan latihan soal dan kolaborasi antara guru mata pelajaran dan guru BK untuk mendukung proses belajar mengajar.


Keywords


Kesulitan Belajar, Matematika, Faktor Internal dan Eksternal, Strategi Pembelajaran, Guru Bimbingan dan Konseling

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Aini, Z. (2018). Kontribusi penguatan guru mata pelajaran dan kepercayaan diri siswa terhadap keaktifan siswa dalam belajar. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan.

Fitriyanti, I. (2019). Peran guru BK dalam mengidentifikasi kesulitan belajar siswa di SMA Bina Jaya Palembang. JUANG: Jurnal Wahana Konseling, 2(2), 101–111.

Habsy, B. A. (2023). Kesulitan belajar akademik dalam proses pembelajaran. TSAQOFAH: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 1–14.

Hasanah, N. (2016). Upaya guru dalam mengatasi siswa berkesulitan belajar matematika di kelas IV SDIT Ukhuwah Banjarmasin. Jurnal PTK dan Pendidikan, 2(2).

Jainiyah. (2023). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1–6.

Mahaly, S. (2021). Kerjasama guru bimbingan konseling dengan guru mata pelajaran IPS dalam membantu kegiatan belajar siswa. LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan.

Puspita, D. (2020). Koordinasi bimbingan konseling dengan guru bidang studi menghadapi siswa berkesulitan belajar matematika. Jurnal Pendidikan dan Konseling.

Sari, M. M. (2014). Peran guru BK/konselor dan guru mata pelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang memperoleh hasil belajar rendah. KONSELOR, 3(2), 58–65.

https://doi.org/10.24036/02014322986-0-00

Siti Fatimatuzzahroh, A. M. (2022). Efektivitas penerapan bimbingan konseling Islami mengatasi permasalahan siswa dalam proses belajar: Literature review. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 27–33.

Slamet. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudiansyah. (2023). Peran guru bimbingan dan konseling dalam membina kedisiplinan belajar siswa. Global Education Jurnal, 1–11.

Suhas Caryono, S. S. (2012). Analisis deskriptif faktor penyebab kesulitan belajar mata pelajaran matematika di SMA Negeri 8 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Matematika, 1–2.

Yanuswantoro, D. T. (2015). Peran konselor untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar bahasa Inggris di SMPN 2 Wlingi Kabupaten Blitar. Jurnal Penelitian Pendidikan Bimbingan Konseling, 1–2.

Yulianti. (2023). Literature review: Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(3), 476–486.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v10i1.14188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Web Analytics