KOLABORASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU MATA PELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
Abstrak: Motivasi adalah faktor kunci yang mempengaruhi pembelajaran siswa, keterlibatan, dan keberhasilan akademik. Penelitian ini menyelidiki peran motivasi intrinsik dan ekstrinsik dalam meningkatkan kinerja dan partisipasi siswa di kelas. Berdasarkan teori-teori motivasi yang sudah ada, termasuk Teori Penentuan Nasib Sendiri dan Teori Nilai-Harapan, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana faktor-faktor seperti otonomi, kompetensi, keterkaitan, dan nilai tujuan berdampak pada tingkat motivasi. Data dikumpulkan melalui survei, wawancara, dan observasi kelas terhadap siswa SMP dan SMA. Temuan ini menunjukkan bahwa siswa yang mengalami lingkungan yang mendukung otonomi dan menerima umpan balik konstruktif menunjukkan tingkat motivasi intrinsik dan keterlibatan berkelanjutan yang lebih tinggi. Sebaliknya, meskipun penghargaan ekstrinsik dapat meningkatkan kinerja jangka pendek, hal tersebut mungkin tidak mendukung tujuan pembelajaran jangka panjang. Studi ini menyimpulkan bahwa mengembangkan pendekatan seimbang yang memupuk motivasi intrinsik sambil menerapkan insentif ekstrinsik secara strategis dapat menghasilkan hasil pembelajaran yang optimal. Rekomendasi praktis diberikan bagi pendidik untuk mengembangkan strategi motivasi yang meningkatkan pengalaman belajar siswa.
Kata Kunci: Motivasi, motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, pembelajaran siswa, keterlibatan akademik, strategi pendidikan.
Abstrak: Motivasi merupakan faktor kunci yang memengaruhi pembelajaran, keterlibatan, dan keberhasilan akademis siswa. Studi ini menyelidiki peran motivasi intrinsik dan ekstrinsik dalam meningkatkan kinerja dan partisipasi siswa di kelas. Berdasarkan teori motivasi yang sudah ada sebelumnya, termasuk Teori Penentuan Nasib Sendiri dan Teori Nilai Harapan, studi ini mengeksplorasi bagaimana faktor-faktor seperti otonomi, kompetensi, keterkaitan, dan nilai tujuan memengaruhi tingkat motivasi. Data dikumpulkan melalui survei, wawancara, dan observasi kelas terhadap siswa SMP dan SMA. Temuan ini menunjukkan bahwa siswa yang mengalami lingkungan yang mendukung otonomi dan menerima umpan balik yang membangun menunjukkan tingkat motivasi intrinsik dan keterlibatan yang berkelanjutan yang lebih tinggi. Sebaliknya, meskipun penghargaan ekstrinsik dapat meningkatkan kinerja jangka pendek, penghargaan tersebut mungkin tidak mendukung tujuan pembelajaran jangka panjang. Studi ini menyimpulkan bahwa mengembangkan pendekatan seimbang yang menumbuhkan motivasi intrinsik sambil menerapkan insentif ekstrinsik secara strategis dapat menghasilkan hasil pembelajaran yang optimal. Rekomendasi praktis diberikan kepada pendidik untuk mengembangkan strategi motivasi yang meningkatkan pengalaman belajar siswa.
Kata Kunci: Motivasi, motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, pembelajaran siswa, keterlibatan akademis, strategi pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustiningtyas, P., & Surjanti, J. (2021). Peranan teman sebaya dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar di masa Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 794-805.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 4(1), 80-86.
Anisa, S. (2019). Pengaruh minat dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(01), 109-118.
Arianti, A. (2019). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.
Hoerudin, C. W. (2022). Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 32-41.
Laili, N., Darmawan, D., & El Yunusi, M. Y. M. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN, METODE PEMBELAJARAN, DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMP BUANA WARU SIDOARJO. Khazanah Pendidikan, 18(2), 260-271.
Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid–19: Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1).
Nasution, N. C. (2018). Dukungan teman sebaya dalam meningkatkan motivasi belajar. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, 12(2), 159-174.
Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101-109.
Permana, S. A. (2020). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar dan Motivasi Belajar Siswa. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(2), 61-69.
Raztiani, H., & Permana, I. (2019). Pengaruh model pembelajaran interaktif terhadap motivasi belajar siswa. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(3), 433-440.
Sitanggang, R. (2021). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Era COVID-19 (Studi Literatur). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5101-5108.
Suharni, S. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172-184.
Vitasari, W. (2021). Komunikasi Guru Dengan Siswa Membangun Motivasi Belajar Siswa.
Widoyoko, S. E. P., & Rinawat, A. (2012). Pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(2).
DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v10i1.14155
Refbacks
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.