TEKNIK SELF-MANAGEMENT SEBAGAI UPAYA MEREDUKSI PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini berfokus pada pendekatan self-management pada perilaku konsumtif, seperti belanja tanpa mempertimbangkan kebutuhan. Hal tersebut yang akan menyebabkan masalah emosional dan finansial. Untuk mengetahui seberapa efektif metode ini, literatur dari berbagai sumber diperiksa dan dipelajari. Self-management ini membantu siswa mengontrol perilaku konsumtif dengan melalui langkah-langkah seperti pengendalian diri, kontrak dengan diri sendiri, penghargaan diri, dan pemantauan diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengelola perilaku secara mandiri. Siswa mampu mengurangi perilaku konsumtif, meningkatkan kontrol diri, serta memprioritaskan kebutuhan dibandingkan keinginan. Teknik ini efektif dalam mengubah perilaku negatif menjadi positif, sehingga menjadi pendekatan yang relevan dalam layanan konseling. Kata Kunci: Manajemen Diri, Konsumtif, Siswa
Abstract: This research focuses on a self-management approach to consumer behavior, such as shopping without considering needs. This will cause emotional and financial problems. To find out how effective this method is, literature from various sources was examined and studied. This selfmanagement helps students control consumer behavior through steps such as self-control, selfcontract, self-esteem, and self-monitoring. The research results show that using this method can improve students' ability to manage behavior independently. Students are able to reduce consumer behavior, increase self-control, and prioritize needs over desires. This technique is effective in changing negative behavior into positive, making it a relevant approach in counseling services.
Keywords: Self-Management, Consumptive, Students
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Abdillah, F., & Fitriana, S. (2021). Penerapan konseling cognitive behaviour dengan
teknik self management untuk mengatasi prokrastinasi akademik pada
mahasiswa. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 2(1), 11–24.
Dian Fitri, M. N. (2013). Penerapan Strategi Pengelolaan Diri (Self-Management)
Untuk Mengurangi Perilaku Konsumtif Pada Siswa Kelas X-11 Sman 15
Surabaya. UNESA Journal Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 26–36.
Doriza, S., Fatohah, S. N., & Zulfa, V. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Uang
Elektronik ( E-Money ) Pada Perilaku Konsumtif Ibu Rumah Tangga. 09(02),
–161.
Fitriani. (2023). Effectiveness of Self Management Techniques to Improve Self
Control of Class X Students at SMA Negeri 7 Banjarmasin Efektivitasiteknik
Self Managementi Untuk Meningkatkani Self Controlx Siswa Kelas X Di. Jurnal
Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Program Studi Bimbingan Dan Konseling
Fkip Universitas Lambung Mangkurat, 6.
Fitriani, D. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku
Konsumtif Belanja Online Pada Generasi Milenial Di Kabupaten …. Jurnal Riset
Sains Manajemen, 2(3), 103–110. https://doi.org/10.5281/zenodo.1410873
Fitriani, R. I. (2022). Konseling dengan Teknik Self Management dalam Mengatasi
Perilaku Konsumtif pada Santriwati Kelas Ix Madrasah Tsanawiyah Mamba’ul
Khoiriyatil Islamiyah Bangsalsari. 9(April), 356–363.
Handayani, E. S., & Haryadi, R. (2024). Mereduksi Perilaku Konsumtif Siswa SMA
Melalui Konseling Kelompok Teknik Self Mangement. 158–166.
Hanifaturrohmah, Z., & Widyarto, W. G. (2022). Pengaruh Konseling Kelompok
Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Konsumtif Siswa
Kelas XI IPS SMAN 2 Trenggalek The Effect of Group Counseling With Selfmanagement Techniques To Reduce Consumptive Behavior in Class XI Social
Sciences SM
Khairunisa, K., Yusuf, A. M., & Firman, F. (2022). Implementasi Teknik Self
Management Untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada
Mahasiswa S1. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2),
https://doi.org/10.31602/jmbkan.v8i2.7110
Maslatun Nisak, & Sulistyowati, T. (2022). Gaya hidup konsumtif mahasiswi dalam
trend fashion (studi kasus mahasiswi jurusan manajemen Universitas Islam
Lamongan). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 4(2), 86–96.
Maulida, S. N. (2023). Penerapan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self
Management Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA X Gresik. 5(2), 181–187.
https://doi.org/10.33487/edupsycouns.v5i2.7142
Mujahidah, A. N. (2020). Analisis Perilaku Konsumtif Dan Penanganan (Studi Kasus
Pada Satu Peserta Didik Di Smk Negeri 8 Makasar). Analisis Perilaku Konsumtif
Dan Penanganan, 4.
Nur, A. A. (2023). Pelaksanaan Konseling Individu Dengan Teknik Self Management
Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Peserta Didik Kelas Xi Di Man 1
Lampung Timur. Skripsi, 1–94.
Purnama, P. (2022). Penerapan Teknik Self Control untuk Mengurangi Perilaku
Konsumtif siswa di SMK Negeri 3 Sinjai Kabupaten Sinjai. Eprints Repository
Software, 1(1), 1–9.
Putri, F. A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi literatur tentang peningkatan
kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran the power of two di SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 605–
Rahardianti, R. N. D., & Ilhamuddin, M. F. (2024). Efektifitas Konseling Kelompok
Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Konsumtif Siswa Sman 1
Balongpanggang. 1–8.
Sarnoto, A. Z., Rahmawati, S. T., Ulimaz, A., Mahendika, D., & Prastawa, S. (2023).
Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Student Center Learning terhadap Hasil
Belajar: Studi Literatur Review. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2),
–628. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i2.828
Yellasmi, Latif, S., & Mannenni, R. (2022). Layanan Konseling Individu Teknik Self
Management untuk Mengurangi Kecanduan Smartphone di SMK Negeri 1
Padang Panjang Sumatera Barat. Jurnal Pemikir Dan Pengembangan
Pembelajaran, 4(1), 461–467.
DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v10i1.13918
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.