PENGARUH TEKNIK BEING POSITIF TERHADAP KESTABILAN EMOSI SISWA DI SMP LENTERAHATI ISLAMIC BOARDING SCHOOL

Hariadi Ahmad, Hasrul Hasrul, Mulyana Mulyana

Abstract


Berdasarkan kondisi yang terjadi di SMP Lenterahati Islamic Boarding School bahwa ada beberapa siswa yang mengalami Kestabilan emosi yang rendah ketika melakukan suatu pekerjaan maupun di hadapkan oleh suatu masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Teknik Being Positif (Realita) Terhadap Kestabilan Emosi Siswa SMP Lenterahati Islamic Boarding School. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Teknik Being Positif (Realita) Terhadap Kestabilan Emosi Siswa SMP Lenterahati Islamic Boarding School. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai metode pokok, observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap dengan menggunakan rancangan one group pre-test and post-tes desigen. Dalam penelitian ini populasi penelitian berjumlah 74 siswa dan 7 siswa yang memiliki kestabilan emosi rendah. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampel dan untuk analisis data menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai t-hitung sebesar 21,789 dengan nilai t-tabel pada taraf signitifikansi 5% dengan db (N-1) = 5 sebesar 2,447. Dengan demikian nilai t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (21,789 > 2,447) sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh Teknik Being Positif (Realita) Terhadap Kestabilan Emosi Siswa SMP Lenterahati Islamic Boarding School.


Keywords


Teknik Being Positif dan Kestabilan Emosi

Full Text:

PDF

References


Ahmad Hariadi 2023. Hubungan Etika Pergaulan dengan Konsep Diri Siswa SMA di Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No 1 Edisi April 2023. Hal 1933 – 1945. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Ahmad Hariadi Ahmad Zainul Irfan dan Dedi Ahlufahmi. 2020. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Siswa. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 1 Edisi April 2020. Hal 950 – 966. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Ahmad Hariadi dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Ahmad Hariadi dan Elfida Utami. 2024. Pengaruh Teknik Role Playing terhadap Keterampilan Komunikasi Verbal Siswa SMP. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 9 No 1 Edisi April 2024. Hal 2283 – 2293. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Ahmad Hariadi dan Jessica Festi Maharani. 2023. Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Kontrol Diri dalam Bermedia Sosial Siswa SMP Kota Mataram Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No 2 Edisi Oktober 2023. Hal 2089 – 2079. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Ahmad Hariadi dan Mustakim. 2022. Hubungan Kesetabilan Emosi Dengan Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMA Negeri Kota Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 2 Edisi Oktober 2022. Hal 1664 – 1677. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Ahmad Hariadi, Aluh Hartati dan Jessica Festy Maharani. 2020. Pengaruh Dukungan Psikologis Awal pada Remaja dalam Pencegahan Covid 19. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 2 Edisi Oktober 2020. Hal 1091 – 1106. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Ahmad Hariadi, Lidya Wurru dan Jessica Festy Maharani. 2021. Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Perilaku Agresif pada Siswa Madrasah Aliyah Raudlatusshibyan NW Belencong. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1205 – 1212. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Ahmad Hariadi. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Ahmad Hariadi. 2022. Pengaruh Media Visual terhadap Sikap Kemandirian SMA di Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 1 Edisi April 2022. Hal 1508 – 1514. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Fadhillah, H. 2016. Pengaruh Membaca Al-Quran Terhadap Kestabilan Emosi Siswa Kelas XI SMA It Abu Bakar Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Fudyartanta, Ki. 2011. Psikologi Umum I & II, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hanim Saras dan Lukitasari Diana “Implementasi Pemulihan Trauma Psikologis Anak Korban Di Pusat Pemulihan Trauma Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan Dan Anak (P2TP2A) Kota Depok,” Jurnal Bimbingan Konseling 8, no. 2 (2019): 164.

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hasrul, Nutfah A.M. Arif, dan Hariadi Ahmad. 2024. Kontribusi Bimbingan dan Konseling dalam Membentuk Sikap Kewirausahaan Siswa di Kota Ternate. Jurnal Pendidikan dan ekonomi (JUPEK). DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.12513724 hal. 38 – 53. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Institut Sains dan Kependidikan (ISDIK) Kie Raha Maluku Utara.

Hurlock, Elizabeth B. 1997. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Rentang Kehidupan. Edisi Kelima: Erlangga.

Irawati Tika. 2018. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Stabilitas Emosi. Universitas Muhammadiyah Puworkerto (UMP).

Kusno, Sutarto, Muzanni, A., Ahmad, H., Rahman, A., Hardiani, N. 2022. Improving Content Knowledge and Technological Skill of University Instructors: A Case Study for Online Learning Implementation during and after the COVID-19 Pandemic. Hong Kong journal of Social Sciences. Volume 59, Spring-Summer 2022,

Mashar, R. 2011. Emosi Anak Usia Dini Dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Mulawarman, Arrifudin, dan Rahmawati. 2020. Konseling Kelompok Pendekatan Realitas. Jakarta: Kencana.

Namora Lumongga. 2011a. Memahami Dasar-Dasar Konseling, Jakarta: Kencana.

Prayitno. 1998. Layanan Bimbingan Kelompok Dasar & Profil. Jakarta: Rineka Cipta

Riyanto, Yatim. 2011. Metodologi penelitian pendidikan. Surabaya:SIC

Sugiyono. 2022b. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tarmizi. 2018. Bimbingan Konseling Islam. Medan. Perdana Publishing.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v9i2.13018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics