UPAYA PENINGKATAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING TERHADAP SELF EFFICACY DIRI SISWA

Niar Karisma Raranta, Ari Khusuma Dewi

Abstract


Hasil dari angket AKPD sekolah diperoleh 60% peserta didik SMP Labschool UNESA 3 tidak memiliki keyakinan dalam kemampuan dirinya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa self efficacy diri peserta didik masih rendah. Penelitian ini sebagai upaya peningkatan perkembangan siswa di SMP Labschool UNESA 3. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengetahui apakah konseling kelompok cognitive behavior therapy teknik cognitive restructuring terhadap self efficacy diri siswa dapat meningkatkan perkembangan siswa. Self efficacy merupakan keyakinan seseorang terhadap kemampuan yang mereka miliki dalam menguasai kondisi dan situasi serta menghasilkan sesuatu yang menguntungkan bagi mereka. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode mode siklus. Siklus pada tahap ini meliputi: refleksi awal, perencanaan,pelaksanaan,pemantauan,dan refleksi (yang diikuti dengan perencanaan ulang). Hasil refleksi siklus 1 dipakai sebagai dasar untuk pelaksanan siklus II. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa data hasil pengamatan peneliti dalam melaksanakan tindakan yang berdasarkan pada hasil pengamatan berupa angket post test kepada peserta didik. Penelitian sudah berhasil ketika siswa mencapai kategori sedang dan tinggi karena adanya peningkatan kategori. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I peserta didik mengalami peningkatan kategori yaitu kategori sedang namun peningkatannya tidak terlalu banyak, kemudian meningkat di siklus II yaitu 3 siswa kategori sedang dan 3 siswa juga dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa konseling kelompok cognitive behavior therapy teknik cognitive restructuring dapat meningkatakn self efficacy diri peserta didik di Labschool UNESA 3.


Keywords


Self eficacy, Konseling Kelompok, dan Teknik Restructuring Kognitif

Full Text:

PDF

References


Azwar,saifudin.2012 .Metode Penelitian.Jogyakarta.Pustaka Pelajar

Florina, Sri. 2019. Efikasi Diri dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pembelajaran dan Pengajaran.

Hartono, Dwi Rachmawati. 2013. Pengaruh Self Efficacy terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa. Surakarta: Fakultas Kedokteran Univertas Sebelas Maret.

Nanda, Indra & Sayfullah, Hasan & Pohan, Rahmadani, dkk. 2021. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Inspiratif. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Nita, Novia. 2022. Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Cognitive Restructuring Terhadap Self Efficacy di Era Pembelajaran Daring Pada Siswa MTs Negeri 2 Medan. Jurnal Indonesia Counseling and Psychology.

Noviandri, Harwanti & Jawahirul, Kawakib. 2016. Teknik Cognitive Restructuring untuk

Meningkatkan Self Efficacy Belajar Siswa. Jurnal Psikologi.

Mahmudi, Moh Hadi & Suroso. 2014. Efikasi Diri, Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri dalam

Belajar. Perona, Jurnal Psikologi Indonesia.

Putro, Zarkasih Khamim. 2017. Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama.

Rustika, Made. 2012. Efikasi Diri:Tinjauan Teori Albert Bandura. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Rizal, Muhamad. 2022. Penerapan Teknik Restructurisasi Kognitif Untuk Mningkatkan Efikasi Diri

Siswa di Sekolah Menengah atas. PINISI JOURNAL OF EDUKATION

Salim,Isran Rasyid K.K,H.2013. Penelitian Tindakan Kelas.In Jurnal Pendidikan Penabur.(Issue 12,p.11)

Suhardjono. 2012. Penelitian Tindakan Kelas dan Tindakan Sekolah, Malang: Cakrawala Indonesia LP3 Universitas Negeri Malang.

Sholelah, Latifatus, & Nawantara,rosalia dwi & Sancaya Setyo Adi. 2021. Penerapan Teknik Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.`

Zhulfikar. 2022. Konseling Kelompok Cognitive Restructuring Behavior Therapy dengan Teknik Cognitive Restructuring dalam mengatasi Kenakalan Remaja. MIMBAR. Jurnal Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v9i2.12706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics