PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI SANTRIWATI PESANTREN MODERN AL-AMANAH JUNWANGI
Abstract
Setiap orang berhak untuk menempuh Pendidikan. Salah satunya adalah lembaga pendidikan berbasis agama Islam seperti Pondok Pesantren. Berdasarkan hasil wawancara tantangan yang dihadapi pada pondok pesantren semakin besar seiring perubahan zaman. Hal ini menimbulkan permasalahan seperti; kemampuan individu dalam pengelolaan kesejahteraan psikologis yang dimilikinya terutama dalam penerimaan diri. Oleh karena itu, perlu adanya pemberian layanan bimbingan kelompok agar santriwati dapat meningkatkan penerimaan diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bimbingan kelompok teknik role playing dapat meningkatkan penerimaan diri Santriwati Madrasah Aliyah Bilingual Pesantren Modern Al-Amanah Junwangi. Metode penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan rancangan pre-experimental one group pre-test post-test. Dengan Subjek adalah 10 peserta didik kelas XI yang memiliki penerimaan diri kategori rendah. Pengumpulan data menggunakan angket kuesioner dengan jumlah item 60 pernyataan yang telah di uji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan yaitu statistik non parametrik yaitu uji wilcoxon dengan bantuan SPSS. Hal ini dimaksudkan untuk mengukur peningkatan penerimaan diri dengan diberikan treatment bimbingan kelompok Role playing. Berdasarkan hasil penelitian penghitungan rata-rata skor penerimaan diri sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok terkait penerimaan diri hasil pretest 148.3 setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan mengunakan teknik role playing lalu mengalami peningkatan menjadi 198.6. Dari hasil uji statistik non parametrik mengunakan SPSS versi 25 dengan uji wilcoxon diperoleh nilai asymp sign. (2-tailed) dengan nilai 0.005 lebih kecil dari nilai kritik 0,05 (0,005 < 0,05) yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa Bimbingan Kelompok Teknik Role playing dapat Meningkatkan Penerimaan Diri pada Santriwati Kelas XI Madrasah Aliyah Bilingual Pesantren Modern Al-Amanah Junwangi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Hurlock, E. B. (1991). Perkembangan Anak, Edisi 6, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Inayah, D., & Nursalim, M. (2019). Penerapan bimbingan kelompok teknik permainan komunikatif untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial pada siswa kelas vii di smp plus nurul hikmah pamekasan. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling, 10(2).
Kabela, Y. (2021). Hubungan Antara School Well-being Dengan Regulasi Diri Dalam Belajar Pada Siswa. Universitas Islam Riau.
Khusumadewi, A., Hannurawan, F., Hambali, I. M., & Atmoko, A. (2023). Enhancing Students Psychological Well-being in Islamic Boarding Schools: The Impact of Prophetic Values-Based Group Counseling. KONSELOR, 12(4), 222–229.
Nasution, H. S., & Abdillah, A. (2019). Bimbingan Konseling: Konsep, Teori Dan Aplikasinya.
Ryff, C. D. (1991). Possible selves in adulthood and old age: a tale of shifting horizons. Psychology and aging, 6(2). https://doi.org/10.1037/0882-7974.6.2.286
Santrock, J. (2008). Physical Development and Biological Aging. A Topical Approach to Life-Span Development. New York: McGraw-Hill Companies, Inc, 129–132.
Shaftel, F. R., & Shaftel, G. A. (1967). Role-playing for social values: Decision-making in the social studies. (No Title).
Sugiyono, D. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta. Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra.
Sugiyono, P. D. (2010). Metode penelitian pendidikan. Pendekatan kuantitatif.
Sukardi, D. K. (2000). Pengantar pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah.
Supratiknya, A. (1995). Komunikasi antarpribadi: Tinjauan psikologis. PT Kanisius.
Uno Hamzah, B. (2008). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Zaini, H. (2017). Teori Pembelajaran Bahasa Dan Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif. An Nabighoh Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 19(2). https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i2.999
DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v9i2.12264
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.