ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD NEGERI TAUBNENO
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achruh, Andi. 2019. “Komponen dan Model Pengembangan Kurikulum”. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(1), 1-9.
Asrana, I, Kadek, Satria. 2019. “Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 269-282.
Cahyono, Budi, Tri., & Nugroho, Wahyu. 2022. “Optimalisasi Pemanfaatan Akun Pembelajaran”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Daga, Agustinus, Tanggu. 2021. “Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 1075-1090.
Herahya, Andang., Herawati, Endang, Sri, Budi., Ardi, Dwi, Susandi., & Zulaiha
Fanni. 2022.
Analisis kesiapan guru sekolah dasar dalam implementasi kurikulum merdeka”. Journal Of Education and Instruction (JOEAI), 5(2), 548- 562.
Inayati, Ummi. 2022. “implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad- 21di SD/MI. In ICIE: International Conference on Islamic Education (Vol. pp. 293-304).
Kahar, Abdul. 2021.“Merdeka Belajar Bagi Pendidikan Non Formal Teori, Praktik danPenilaian Protofolio Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi.
Lestiyani, Pudji. 2020 “Analisis Persepsi Civitas Akademika Terhadap Konsep Merdeka Belajar Menyongsong Era Industri 5.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran.
Mawati, Arin, Tentrem, Hanafiah, Hanafiah & Arifudin, Opan. “Dampak Pergantian Kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar”. Jurnal Primary Edu, 1 (1), 69-82.
Muin, Abdul., Fakhrudin, Ali., Makrufi, Anisa. Dwi., & Gandi, Sunaryo. 2022. Pengembangan Kurikulum Merdeka.
Mulyono, Rahmat., & Sulistyani, Fajrina. 2022 Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Sebagai Sebuah Pilihan Bagi Satuan Pendidikan: Kajian Pustaka. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1999-2019.
Pendi, Yulius, Obeta. 2020. Merdeka Belajar yang Tercermin Dalam Kompetensi Profesional Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 10 Sedayu. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, No. 1).
Priantini, Dewa Ayu Made Manu Okta, Ni Ketut Suarni & Ketut Suar Adnyana. 2022. “Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu. Vol 8 (2).
Rahayu, Restu., Rita, Rosita., Yayu, Sri, Rahayuningsih., Asep, Herry, Hernawan., & Prihantini. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar”. Jurnal Basicedu. vol. 6(4) .6313-6319.
Ramdani, Muhamad., Yulianti., Sri, Yani., Rahmatulloh, Imam. Taroji., & Suratman, Suratman. 2022. “Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada Guru Sekolah Dasar”.
Rijali, Ahmad. 2019. Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17.33 2019, 81-95.
Sugiyono. 2017 Metode Penelitian pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Syukur, Taufik Abdillah, dan Rofiqoh Siti, 2022. “Pengantar Ilmu Pendidikan”. Patju Kreasi, Pisangan Ciputat Timur.
Walidin, W., Saifulah, & Tabrani. 2015. “Metode penelitian kualitatif & grounded theory”. FTK Ar-Raniry Press.
Yulianti, Marselina., Anggraini, Difana Leli., Nur Faizah, Siti., & Pandiangan Anjani, Putri Belawati. 2022. “Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(3), 290-298.
Yunita, Yunita., Zainuri Ahmad., Ibrahim, Ibrahim., Zulfia, Ahmad., & Mulyadi, Mulyadi. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar”. Jambura Journal of Education Management, 16-25
DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v9i2.12251
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.