STUDI KASUS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KESADARAN PENDIDIKAN DI DESA SENGI KECAMATAN DUKUN KABUPATEN MAGELANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya kesadaran pedidikan di Desa Sengi Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang.Metode penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari 3 anak yang memiliki kesadaran pendidikan rendah dan juga orangtuanya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini yaitu menunjukan bahwa rendahnya kesadaran pendidikan di Desa Sengi disebabkan oleh faktor internal dan juga faktor eksternal. Faktor internal meliputi motivasi belajar yang rendah, kemampuan belajar yang kurang dan ketakutan dan kekhawatiran individu dan orang tua. Faktor eksternal meliputi tekanan dari lingkungan sekitar, kurangnya dukungan orang tua, keterbatasan akses pendidikan yang berkualitas, rendahnya pemahaman orang tua terkait pentingnya pendidikan, budaya lokal yang kurang mendukung pendidikan, kurangnya peran dan dukungan dari figur otoritas lokal, serta kebiasaan dan tradisi keluarga yang lebih mengutamakan pekerjaan daripada pendidikan.
Kata Kunci: Studi kasus, Faktor Penyebab, Kesadaran Pendidikan.
Full Text:
PDFReferences
Afifah, Durotul. 2014. Upaya Masyarakat dalam menumbuhkan Kesadaran akan Pentingnya Pendidikan Formal. Skripsi. Program studi Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN. Yogyakarta.
Agustang, A., Mutiara, A. I., Asrifan, A. (2021). Masalah Pendidikan di Indonesia.
Ahdi, W. M. ” Kesadaran Pendidikan; Kunci Pengembangan Pendidikan Islam”. ISSN : 2548-6896
Alpian, Y. “Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia”. Jurnal Buana Pengabdian. 2019: 66-72.
Anwar, F. M. 2019. Landasan Bimbingan dan Konseling Islam. Yogyakarta: Group Penerbitan CV Budi Utama.
Aqib, Z. 2020. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Penerbit Yrama Widya.
Bashori. dkk. “Analisis Kebijakan Program Wajib Belajar 12 Tahun Di Provinsi Lampung”. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 2019: 18-28.
Burhanuddin Salam, Pengantar Pedagogik (Dasar-Dasar Ilmu Mendidik), (Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1997), h. 4.
Dini, R. I. “Bimbingan Konseling” OSF Preprints. 2021.
Elvira. “Faktor Penyebab Rendahnya Kualitas Pendidikan dan Cara Mengatasinya (Studi pada: Sekolah Dasar di Desa Tonggolobibi)”. Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman. 2021: 93-98.
Erina, R. N. 2023. Analisa Peran Orang Tua dalam Penggunaan Gadget terhadap Akhlak Anak di Pelembutan Barat. Skripsi. Yogyakarta: Program Sarjana Universitas PGRI Yogyakarta.
Hadisaputra, P. S. S. M. 2020. Penelitian Kualitatif. Lombok: Holistica Lombok.
Hakim, F. ”Potret Pendidikan Daerah Terpencil di Desa Sekamis Kecamatan Cermin Nan Gedang Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi. “Jurnal Pengabdian Masyarakat”. 2023: 23-29.
Harahap, N. 2020. Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing.
Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan: Umum dan Agama Islam. (Cet. II; Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2001), h. 4.
Kusumastuti .A, Khoiron .M. A. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.
Ladaria H, Y. “Kajian Sosiologi Tentang Tingkat Kesadaran Pendidikan Pada Masyarakat Desa Labuan Kapelak Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut”. Jurnal Holistik. 2020: 1-15.
Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Utara”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 2021:82-96.
Maharani, C. S. 2022. Studi kasus Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Kasihan Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Program Sarjana Universitas PGRI Yogyakarta.
Manik, Z. S. N. dkk. “Manfaat manajemen bimbingan konseling”. Jurnal Psikologis dan Bimbingan Konseling, 2023
Marendah, Endah. 2021. Metodologi Penelitian Kualitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Marsinun, R dkk. 2020. Bimbingan dan Konseling Sosial. Surabaya: Pustaka Aksara.
Muhtarom, A. “Participation Action Research dalam Membangun Kesadaran Pendidikan Anak di Lingkungan Perkampungan Transisi Kota”. 2018: 259-278.
Mujiati. dkk. “Faktor-Faktor Penyebab Siswa Putus Sekolah”. Jurnal Pendidikan dan ILmu Pengetahuan. 2018: 271-281.
Ngalim Purwanto M., Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, (Cet. I; Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 1995). h. 11.
Nurdalia. “Dampak Remaja Putus Sekolah Tingkat Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah dan Implikasinya Terhadap Upaya Pembentukan Kepribadian di Desa Kempiri Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo”. Jurnal Inspiratif Pendidikan. 2021: 1-14.
Rahman, Abdul. 2022. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Rahmi, S. 2019. Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial. Aceh: Syiah Kuala University Press.
Safitri, A. dkk. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Masyarakat Bajo”. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan 2018: 198-209.
Slameto. 2017. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.
Suryanto Agus. 2021. Memahami Bimbingan dan Konseling Belajar. Penerbit Adab. Jawa Barat.
Susanto, A. 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Syam, S. dkk. 2021. Pengantar Ilmu Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v9i2.11849
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.