EFEKTIVITAS METODE RIASEC DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 GAMPING

Ihsan Kurnia Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas metode RIASEC dalam meningkatkan pemahaman karir siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Gamping. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah Metode RIASEC (X) sebagai variabel bebas dan Pemahaman Karir Siswa Kelas VIII (Y) sebagai variabel terikat. Dalam penelitian ini menggunakan metode pre-experimental designs atau eksperimen. Metode ini tidak mempunyai kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gamping yang berjumlah 189 siswa. Teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas VIII A. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket pemahaman karir. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu teknik analisis uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukan hipotesis terbukti atau adanya pengaruh metode RIASEC dalam meningkatkan pemahaman karir siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Gamping. Dari hasil uji Anova yang dilakukan diperoleh nilai t sebesar -7,412 dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05. Artinya metode RIASEC efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman karir siswa SMP Negeri 3 Gamping.


Keywords


Effectiveness, RIASEC Method, Understanding Student Careers

Full Text:

PDF

References


Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). VALIDITAS DAN RELIABILITAS ANGKET MOTIVASI BERPRESTASI. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(4), 263. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7249

Ardiansyah, Risnita, & Syahran Jailani. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan

Arifin, Z. (2020). METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN.

Asrulla, Risnita, Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis.

Cahyono, T., & Padmi, N. M. D. (2023). Pemetaan Minat, Bakat dan Karakter Berbasis RIASEC sebagai Acuan Peminatan Lintas Mata Pelajaran pada Jenjang SMA Kurikulum Merdeka. 6(1).

Datar, T. (2019). PENGARUH LAYANAN INFORMASI KARIR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIR SISWA SMK NEGERI 6 TAKALAR.

Fadia, S., & Fitri, N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. 5(1).

Haribowo, R., Fitriyatul Bilgies, A., & Tannady, H. (2022). Analisis Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endoser Terhadap Purchase Decision Produk Bakery Bittersweet By Najla. Dalam Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 3, Nomor 5). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Hartono, & Musdalifah, A. (2019). Layanan Klasikal Bimbingan Karier dengan Media PPT Berbasis Object Superiority Effect untuk meningkatkan Pemahaman Diri dan Pemahaman Karier Siswa SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 3(1). http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt

Hidayat, F. K., & Wahyuni, S. N. (2019). PENDETEKSIAN MINAT DAN BAKAT MENGGUNAKAN METODE RIASEC. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), 2(1), 32. https://doi.org/10.21927/ijubi.v2i1.1023

Ibrahim, A., Rahim, M., & Kasan, I. A. (2022). Student Journal of Guidance and Counseling ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERENCANAAN KARIR DI KELAS X SMA NEGERI 1 TILAMUTA. 2(1), 48–57.

Jannah, M. (2020). BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIER SISWA SMP.

Mahmudah, S. N., & Lianawati, A. (2020). Bimbingan Kelompok Berbasis RIASEC Efektif Meningkatkan Kemantapan Pemilihan Karier Siswa Kelas XII SMA. Electronic) Pusat Kajian BK Unindra-IKI, 126(2), 126–132. https://doi.org/10.26539/teraputik-42427

Pratama, A. (2022). PERAN GURU BK DALAM MEMBANTU PERENCANAAN PENGEMBANGAN KARIER SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI (Vol. 4). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/almursyid/

Putro, H. E., & Japar, M. (2019). Layanan Informasi Karier Berbasis Field Trip untuk Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(3), 243–252. https://doi.org/10.30653/001.201933.105

Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507

Sintia, I., Pasarella, M. D., & Nohe, D. A. (2022). PERBANDINGAN TINGKAT KONSISTENSI UJI DISTRIBUSI NORMALITAS PADA KASUS TINGKAT PENGANGGURAN DI JAWA.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v9i1.11376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics