PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 PRINGGAJURANG

M. Zainuddin, Nofisulastri Nofisulastri, I Wayan Karmana

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan model bimbingan kelompok tekhnik games  untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengembangan model bimbingan kelompok tekhnik games  untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VI SD Negeri 2 Pringgajurang tahun ajaran 2022/2023. Kepercayaan diri siswa sangat penting bagi tumbuh kembang anak, hal ini perlu diupayakan sehingga anak tampil dengan kepercayaan diri dalam lingkungan pergaulan. Dengan banyaknya interaksi yang dilakukan individu dapat membantu peningkatan kepercayaan diri pada individu sehingga dalam penelitian ini bimbingan kelompok menjadi sarana yang dirasa tepat untuk dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa mengingat dalam bimbingan kelompok terdapat interaksi yang intens antar peserta. Sedangkan tekhnik game digunakan untuk memancing semangat dan antusias siswa dalam sesi bimbingan kelompok yang diharapkan dapat memicu interaksi yang dinamis. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Research and Development (R&D), dengan pendekatan kuntitatif. Penelitian ini meneliti pengembangan model bimbingan kelompok tekhnik games  untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kemudian hasil penelitian ini nantinya akan dihubungkan dengan teori-teori yang ada pada tinjauan pustaka. Adapun yang dijadikan sebagai subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Pringgajurang yang berjumlah 15  orang. Sementara variable atau bahan kajian dari penelitian ini adalah  bimbingan kelompok tekhnik games (variable X) dan kepercayaan diri siswa (variable Y). Model bimbingan kelompok teknik games yang dikembangkan dinilai efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai uji Z sebesar -2,814 dengan nilai signifikansi 0.005, maka nilai 0.005 > 0.05 yang berarti mendekati nilai 0 sehingga signifikan


Keywords


Bimbingan Kelompok, tekhnik game, Kepercayaan diri siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Edisi Revisi VI. Jakarta : Rineka Cipta.

Aydin, Davut. 2009. Effectiveness Of a Group Guidance Program On Realistic Study Field Choice Among First Year High School Students. Journal of Theory and Practice in Education. Vol 5 (1): 67-84.

Engelis, Barbara. 2002. Confidence (Percaya Diri Sumber Sukses dan Kemandirian). Terjemahan Baty Subakti. Jakarta : Gramedia.

Hakim, T. 2005. Mengatasi rasa tidak percaya diri. Jakarta : Puspa Swara.

Hariadi Ahm dan Jessica Festi Maharani. 2023. Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Kontrol Diri dalam Bermedia Sosial Siswa SMP Kota Mataram Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No 2 Edisi Oktober 2023. Hal 2089 – 2079. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Lalu Andry Adifa Maulana. 2019. Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berfikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 1 Edisi April 2019. Hal 727 – 741. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Helen , Charles dan Kuruvilla Joseph (2011). “Effectiveness of group counseling on the level of self-esteem of adolescent school girls”.The journal of nursing trendz: Vol 2 issue 3 First page 28 last page 32.

Jamaludin, dkk. The Validity of Group Guidance Motivation Module For Secondary School Students. Tulisan dalam European Journal of social Sciences. Vol 10. No 3. 2009.

Kusno, Sutarto, Muzanni, A., Ahmad, H., Rahman, A., Hardiani, N. 2022. Improving Content Knowledge and Technological Skill of University Instructors: A Case Study for Online Learning Implementation during and after the COVID-19 Pandemic. Hong Kong journal of Social Sciences. Volume 59, Spring-Summer 2022, Pages 232-241. City University of Hong Kong Press.

Luxori, Yusuf. 2004. Percaya Diri. Jakarta : Khalifa.

Muklis. 2000. Harga Diri Dan Pusat Kendali sebagai Prediktor Kepercayaan Diri. Tesis. Yogyakarta : Program Pascasarjana UGM.

Prayitno dan Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Romlah, Tatik. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rouse, Maura Lynn (2010). Building Self-Esteem of Female Youth in Group Counseling: A Review of Literature and Practice. Graduate Journal of Counseling Psychology: Vol. 2: Iss. 1, Article 4.

Rusmana, Nandang (2009). Permainan (Game & Play). Bandung: Rizqi Press.

Samsudi. 2009. Desain Penelitian Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.

Stephen Chan; Yuen Mantak; Patrick Lau. 2003. The Effects of a Group Guidance Programme on the Self Esteem of Newly Arrived Children from the Chinese Mainland to Hong Kong. Asia Pacific Journal of Education, Vol. 23, No. 2 (September) pp. 171-182.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan(pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D).Bandung : alfabeta

Sukardi, Dewa Ketut. 2002. Pengantar Pelaksanaan Porgram Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Suwarjo dan Eva Imania Eliasa. 2011. 55 Permainan (Games) dalam Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta : Paramitra Publishing.

Wibowo, Mungin Eddy 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang : UPT UNNES Press.

Winkel, W.S. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta : PT. Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v9i1.11368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics