PENGARUH TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMP NEGERI 10 MATARAM

Jessica Festi Maharani, Lalu Jaswandi, Rosita Diantini

Abstract


Perilaku Bullying merupakan perilaku agresif yang disengaja, yang dilakukan oleh sekelompok orang atau sesorang secara berulang-ulang dan dari waktu kewaktu terhadap seorang koban yang tidak dapat mempertahankan dirinya dengan mudah. Untuk meminimalisir permasalahan tersebut teknik yang digunakan adalah role playing (bermain peran). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teknik role playing terhadap perilaku bullying. dalam penelitian ini menggunakan desain one group pre-test-post-test design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai metode pokok dan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan untuk memperoleh data adalah 6 siswa yang memiliki skor perilaku bullying tinggi. Untuk menganalisa data yaitu menggunakan rumus t-test. Dalam penelitian ini perilaku bullying dapat diminimalisir dengan teknik role playing sehingga hasil yang di peroleh adalah t-hitung lebih besar daripada t-tabel. Maka penelitian ini dapat dinyatakan “Signifikan


Keywords


Role Playing, Perilaku Bullying

Full Text:

PDF

References


Erford, Bradley. T. 2016. 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Belajar.

Ginting, Rafael, Lisinus. 2013. Efektivitas Bimbingan Melalui Teknik Role Playing Untuk Menanggulangi Perilaku Bullying Siswa: Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XI SMA Perguruan Kristen Methodist Indonesia 1 (PKM 1) Medan Sumatera Utara Tahun Ajaran 2012/2013 Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia

Gunawan.IMS. 2021. Kolerasi Antara Empati Dengan Perilaku Cyberbullying Pada Siswa Di SMA Negeri 3 Mataram. Jurnal Realita. 6 (1) hal. 1156.

Hariadi Ahm dan Jessica Festi Maharani. 2023. Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Kontrol Diri dalam Bermedia Sosial Siswa SMP Kota Mataram Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No 2 Edisi Oktober 2023. Hal 2089 – 2079. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Lalu Andry Adifa Maulana. 2019. Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berfikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 1 Edisi April 2019. Hal 727 – 741. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad. 2023. Hubungan Etika Pergaulan dengan Konsep Diri Siswa SMA di Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No 1 Edisi April 2023. Hal 1933 – 1945. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Kusno, Sutarto, Muzanni, A., Ahmad, H., Rahman, A., Hardiani, N. 2022. Improving Content Knowledge and Technological Skill of University Instructors: A Case Study for Online Learning Implementation during and after the COVID-19 Pandemic. Hong Kong journal of Social Sciences. Volume 59, Spring-Summer 2022, Pages 232-241. City University of Hong Kong Press.

Nurhasanah, Ismawati, Alidha., Atep, Sujana.,Ali, Sudin. 2016. Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasik Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya. Jurnal Pena Ilmiah.

Sapitri, Widya, Ayu. 2020. Cegah Dan Stop Bullying Sejak Dini. Semarang: Guepedia.

Sejiwa. 2008. Mengatasi Kekerasan Di Sekolah Dan Lingkungan. Jakarta: Gerasindo Anggota Ikapi

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabet.

Sulisrudatin, Nunuk, SH, SIP, MSI. 2015. Kasus Bullying Dalam Kalangan Pelajar(Suatu Tinjauan Kriminologi). Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara. Fakultas Hukum Universitas Suryadarma.

Wiyani, Novan, Ardy. 2012. Save our Children From School Bullying. Jogjakarta. AR-RUZZ MEDIA.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v9i1.11233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics