MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAIANAN KONSTRUKTIF PADA AKAN KELOMPOK A

Ahmad Zainul Irfan

Abstract


Potensi kreatif anak hanya dapat dikembangkan melalui proses kreatif yang disebabkan oleh  kesempatan bermain yang mendorong tanda-tanda kreativitas pada anak usia dini.” (Yulian.N, 2020, p. 41). Berlandaskan latar belakang di  atas, rumusan masalah pada riset ini  yakni bagaimana  permainan konstruktif mampu meningkatkan kreativitas anak kelompok  A di  TK AL-Barokah Lombok Timur.  Berlandaskan  rumusan masalah, maka tujuan riset ini  yakni meningkatkan kreativitas melalui permainan konstruktif di kelompok  A TK AL-Barokah Lombok Timur. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun TK AL-Barokah Ajaran tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 10 anak, 5 perempuan dan 5  laki-laki. Penelitian ini  merupakan  Penelitian Tindakan Kelas (PTK),  yang merupakan   bagian  dari   penelitian   tindakan   kelompok.  Hasil   penelitian   ini menunjukkan bahwa permainan konstruktif berperan penting dalam meningkatkan kreativitas anak Kelompok  A TK AL-Barokah. Bermain konstruktif memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, memungkinkan anak berpikir kreatif dan mengembangkan beberapa keterampilan penting seperti keterampilan motorik halus, kerja sama, dan berbagi ide. Penelitian menunjukkan bahwa permainan konstruktif berpengaruh positif terhadap pemikiran kreatif, motorik halus dan interaksi sosial anak

Keywords


Permaianan konstriktif, motoric halus, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ardini, Pupung, Puspa & Anik Lestariningrum. 2018. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini (Sebuah Kajian Teori dan Praktik). Watudandang Prambon Nganjuk : Adjie Media Nusantara.

Darden, R. & Falk, J.H. (2019). Constructive Play and Creativity: Research on Foundations, Contexts, and Practices. Journal of Playwork Practice, 6(3), 271-287

Hughes, F.P. (2017). Children, Play, and Development. SAGE Publications.

India, Baiq, Roni, A & Sodiq, Aziz, Kuntoro. 2015. Pengembangan Kreativitas Dan Minat Belajar Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Permainan Konstruktif. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Volume 2 – Nomor 2

Khadijah. Armanila. 2017. Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Medan : Perdana Publishing

Liu, X. & Johnson, L. (2018). The Effects of Constructive Play on Preschoolers' Spatial Skills. Early Childhood Education Journal, 46(1), 57-64.

Nazara, Syarianti. Anizar Ahmad. Israwati. 2019. Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Konstruktif Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Kabupaten Simeulue. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini.

Nijhof, K.S., van Rooijen, M., van den Akker, R., et al. (2020). The Influence of Construction Play on Creative Thinking: A Systematic Review. Early Childhood Education Journal, 48(2), 227-239.

Ningsih, Try, Astuti, Hrp. Mesiono, Zulfahmi, Lubis. 2018. Pengaruh Kegiatan Bermain Konstruktif Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok B Di Ra Sabila Amanda. Jurnal Raudhah. Vol. 06 No.02.

Nurani, Yuliani. 2020. Kurikulum Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. PT Indeks. Seri Kurikulum & Pembelajaran.

Runco, M.A. (2018). Creativity Theories. In J.C. Kaufman & R.J. Sternberg (Eds.), The Cambridge Handbook of Creativity (2nd ed., pp. 21-42). Cambridge University Press.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v9i1.11221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics