PENGARUH TEKNIK RELAKSASI TERHADAP PENGENDALIAN EMOSI PADA SISWA SMP PEDULI ANAK LANGKO LOMBOK BARAT

M. Najamuddin, Mujiburrahman Mujiburrahman

Abstract


Pengendalian emosi memegang peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia, terutama untuk mengurangi ketegangan yang timbul akibat emosi yang memuncak. Emosi adalah reaksi terhadap rangsangan, disertai dengan perubahan psikologis yang disebabkan oleh perasaan yang kuat, biasanya berpotensi meledak. Tujuan dari penelitian ini maka mengetahui pengaruh teknik relaksasi terhadap pengendalian emosi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai metode pokok dan metode observasi, wawancara serta dokumentasi sebagai pelengkap. Teknik sampling yang    digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50  siswa dengan fokus penelitian pada siswa SMP peduli anak, Langko, Lombok Barat. Sampel yang digunakan untuk memperoleh data adalah 8 siswa yang memiliki skor Pengendalian Emosi yang tergolong rendah. Untuk menganalisa data menggunakan rumus t-test, berdasarkan analisa data t hitung perhitungan t-test yang diperoleh melalui analisis, ternyata nilai t diperoleh= 5,376 Kemudian dikonsultasikan dengan nilai t dalam tabel dengan db (N-1) =8-1=7 dengan taraf signifikan 5%= 2,365. Dengan demikian nilai t hitung hasil penelitian ini lebih besar dari nilai t tabel (5,376>2,365), maka hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima pada taraf signifikansi 5%

Keywords


Relaksasi, Pengendalian Emosi

Full Text:

PDF

References


Abimanyu. (2005). Komseling Behavioral. Jur. Ilm. Kel. & Konseling

Amanah Miftahul dan Dra. Titin Indah Pratiwi, M.Pd. 2019. Penerapan Konseling Kelompok Role Playing Untuk Mengendalikan Emosi Marah Siswa Di SMPN 3 Taman Sidoarjo

Alex Sobur, M.SI. 2003. Psikologi Umum Dalam Lintasan Sejarah. Bandung: CV PUSTAKA SETIA

Bachtiar M. Anis dan Aun Falestien Faletehan. 2021. Self-Healing Sebagai Metode Emosi Siswa SMPNU Mojoagung

Carpenito, Lynda Juall. 2000. Diagnosa Keperawatan. in Edisi Keenam. Jakarta: EGC.

Fauzi Taty dan Syska purnama Sari, 2018. Kemampuan Mengendalikan Emosi Pada siswa Dan Implikasinya Tehadap Bimbingan dan Konseling. Palembang: Universitas PGRI

Gemilang, Jingga. 2013. Manajemen Stres & Emosi. Yogyakarta: Mantra Books.

Greenberg, Jerald dan Baron, Robert A. 2000. Perilaku. Jakarta : prentice hall

Gunarsa, Singgih D. 2007. Konseling Dan Psikotrapi. Yogyakarta: Gunung Mulia

Hakim 2004 : 41 Medical Science Monitor - Medscimonit.com: http://cendekia.scholar.Co.Id

Jones, Nelson. 2006. Teori dan Praktik Konseling dan Terapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Khusmawati Zuni Eka dan Elisabeth Christiana, S.Pd., M.Pd. 2014. Penerapan Kombinasi Antara Teknik Relaksasi Dan Self-Instruction Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 22 Surabaya

Lawrence E. shapiro, Ph.D. 2003. Mengajarkan Emotional Inteligence Pada Anak. Jakarta: Penerbit PT Gramedi Pustaka Utama

Nursalim, Muhammad, dkk. 2005. Strategi Konseling. Surabaya: UNESA University Press.

Potter, & Perry, A.G. (2010). Buku Ajar Faundamental keperawatan: Konsep, Proses, Dan Praktik Edisi 4 Volume 2. Jakarta: EGC

Purwadamanta, W. J. S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Retno Diah Ningsih, 2020. Pengaruh Relaksasi Untuk Kontrol Emosi, Malang: Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Safaria Triantoro dan Nofrans Eka Saputra. 2009. MANAJEMEN EMOSI, Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif Dalam Hidup Anda. Jakarta: bumi aksara

Slameto, 2003. Belajar Dan Faktor - Faktor Yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sendari Ayu anugrah, 2021. 10 cara mengendalikan emosi yang meledak, ketahui strategenya.https://www.liputan6.com/hot/read/4617656/10-cara-mengendalikan-emosi-yang-meledak-ketahui-strateginya Di Akses Jam 10:14 Tanggal 8 Maret 2023

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV

Suharsimi Arikunto, 2014. Perosedur Peneitian Sutu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v9i1.11179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics