IMPLEMENTASI PROGRAM KELAS UNGGULAN DI SMA NEGERI 3 MATARAM

Muhammad Iqbal, Haromain Haromain, Nurul Hidayati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana penerapan program kelas unggulan di SMAN 3 Mataram, (2) faktor pendukung kelas unggulan (3) faktor penghambat kelas unggulan (4) dan  bagaimana solusi yang dapat dilakukan dalam faktor penghambat penerapan program kelas unggulan di SMA Negeri 3 Mataram. Untuk mencapai  tujuan di atas, digunakan pendekatan dalam penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapat dianalisis selama pengumpulan data berlangsung, untuk membuat laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. penerapan kelas program kelas unggulan di SMA Negeri 3 Mataram diterapkan dengan mempertimbangkan aspek: input siswa, kurikulum, guru pengajar, sumber dan proses pembelajaran, lingkungan belajar, dan evaluasi 2. Faktor pendukung dalam program kelas unggulan mencakup: siswa, kurikulum, sarana prasarana, dan guru 3. Faktor penghambat dari program kelas unggulan mencakup: guru, fasilitas, siswa dengan adanya kesenjangan sosial, 4. Solusi untuk kendala yang ada dalam pelaksanaan kelas unggulan adalah: a) guru yang monoton harus bisa mengubah metode pembelajaran semenarik mungkin untuk bisa membuat siswa lebih aktif di kelas dan tidak bosan saat proses belajar. b) fasilitas guru harus bisa memaksimalkan proses program pembelajaran di dalam kelas walaupun adanya fasilitas yang kurang lengkap. c) siswa terkait dengan adanya kesenjangan sosial seharusnya memberikan sosialasi dan arahan kepada kelas unggulan dan kelas reguler supaya tidak ada pembedaan di antara kedua kelas tersebut.

Keywords


Kelas Unggulan

Full Text:

PDF

References


Bafadal, Ibrahim (2012). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Baharuddin (2010). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Baharuddin dan Moh. Makin (2010). Manajemen Pendidikan Islam-Transformasi menuju Sekolah/Madrasah Unggul. Malang: UIN Press.

Barnawi dan Mohammad Aripin (2012). Branded School Membangun Sekolah Unggul Berbasis Peningkatan Mutu. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bela, Margaretha Lisa (2024). Model Analisis Interaktif Miles dan Huberman. Dikutip dari http://eprints.binadarma.ac.id/9012/1/TUGAS%206.pdf. pada 12 Februari 2024.

Hadi, Yudiguntara (2015). Pengelolaan Kelas Unggulan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Maharaban Kabupatan Barito Kuala. Skripsi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

https://sman3mtr.sch.id/opini-guru/sman-3-mataram-menuju-global-mind-it-school diakses pada 23 Februari 2024.

http://anginsepoi.wordpres.com/2008/03/26/plus-minus-kelas-unggulan-pendapat-para-pakar/. Diakses pada 12 Februari 2024.

Imron, Ali (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kompri (2015). Manajemen Pendidikan Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mertler, Craig A. (2011). Action Research Mengembangkan Sekolah dan Memberdayakan Guru, edisi ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nawawi, Hadari (1989). Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Jakarta: PT Haji Mas Agung.

Nazir, Moh. (1988). Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ngadirun dan Suhartono (2009). Penyelenggaran Program Kelas Unggulan di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sapira, Maura Indah (2020). Penerapan Program Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Diakses dari http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1042 pada 10 Februari 2024.

Sari, Hayu Purnama (2023). Pengelolaan Kelas Unggulan MTsN 1 Pesawaran”. Skripsi: UIN Raden Intan Lampung, 2019), hlm 4-5. repository.radenintan.ac.id (diakses pada tanggal 26 Maret 2023)

Silalahi, Arpin (2006). Program Kelas Unggulan. Sidikalang.

Trisandi (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Kelas Unggulan (International Plus Class) di SMA Sains Al Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa Vol 10 No 1.

Utomo, Mudi Amin (2012) Pengelolaan Pendidikan Karakter Kelas Unggulan di SMP Negeri 2 Cepu. Surakarta Universitas Muhammadiyah Surakarta.

UU Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wati, Amalia Ratna Zakiah & Trihantoyo, Syunu (2020). Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, Vol 5 No. 1, September 2020. DOI: https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p46-57.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v9i1.11105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics