PENINGKATAN LITERASI DIGITAL: STUDI KASUS DAN BEST PRACTICE

Ahmad Muzanni, Baiq Sarlita Kartiani

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi dampak program peningkatan literasi digital terhadap guru sekolah dasar dalam konteks pengintegrasian teknologi dalam pengajaran dan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi dalam program tersebut secara signifikan meningkatkan keterampilan digital guru, memungkinkan mereka untuk lebih efektif menggunakan perangkat lunak pendidikan, navigasi internet, dan memanfaatkan media sosial untuk tujuan pendidikan. Selain itu, guru yang terlibat dalam program ini juga menunjukkan peningkatan dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam kurikulum dan proses belajar mengajar, meningkatkan keterlibatan siswa dan memperkaya pengalaman belajar mereka. Program literasi digital juga memberikan peluang untuk kolaborasi dan berbagi pengetahuan antar guru, serta meningkatkan kesadaran akan keamanan dan etika digital. Pembahasan meliputi analisis kurikulum dan materi pelatihan, hambatan dan tantangan dalam mengimplementasikan keterampilan digital, strategi pemecahan masalah, pengukuran dampak, dan rekomendasi untuk pengembangan profesional guru dalam literasi digital. Penelitian ini menegaskan perlunya pendekatan holistik yang memperhatikan infrastruktur teknologi, pengembangan kurikulum, dan dukungan profesional berkelanjutan untuk meningkatkan literasi digital guru dan efektivitas pengajaran di era digital.

Keywords


Peningkatan; Literasi Digital; Studi Kasus

Full Text:

PDF

References


Akbar, M.I & Farid, M.R., (2022). Cegah Penyebaran Misinformasi di Media Sosial Menggunakan Peralatan dan Fitur Literasi Digital. Jurnal: RENATA Pengabdian Kepada Masyarakat. DOI: https://doi.org/10.xx/paperID

Ebyatiswara Putra, A., Taufiqur Rohman, M., Linawati, L., & Hidayat, N. (2023). Pengaruh Literasi Digital terhadap Kompetensi Pedagogik Guru. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 201–211. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.185

Eshet-Alkalai, Y. (2012). Thinking in the Digital Era: A Revised Model for Digital Literacy. Issues in Informing Science and Information Technology, 9(August), 267–276. https://doi.org/10.28945/1621

Iordache, C., Mariën, I., & Baelden, D. (2017). Developing digital skills and competences: A quick-scan analysis of 13 digital literacy models. Italian Journal of Sociology of Education, 9(1), 6–30. https://doi.org/10.14658/pupj-ijse-2017-1-2

Mohammadyari, S., & Singh, H. (2015). Understanding the effect of e-learning on individual performance: The role of digital literacy. Computers and Education, 82(March), 11–25. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.10.025

Novarina, G. E., Santoso, A., & Furaidah, F. (2019). Model Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(11), 1448. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12989

Rusli, M. (n.d.). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus.

Sugiarto & Farid, A. (2023). Literasi Digital sebagai Jalan Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan

Titis Madyaning Ratri, Sofyan Iskandar, & Dede Trie Kurniawan. (2023). Membangun Karakter Peserta Didik Abad 21 Melalui Selidig (Sekolah Literasi Digital). Jurnal Lensa Pendas, 8(1), 62–76. https://doi.org/10.33222/jlp.v8i1.2567




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v9i1.11026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics