PENGARUH TEKNIK ART THERAPY TERHADAP EMOSI MARAH PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 5 PRAYA

Farida Herna Astuti

Abstract


Art therapy adalah sebuah terapi yang menggabungkan seni dan psikologi untuk membantu individu mengatasi masalah emosional dan psikologis yang mengalami trauma, penyakit, serta orang-orang yang mencari pengembangan pribadi.Emosi marah adalah salah satu dari berbagai jenis emosi manusia yang timbul sebagai respons terhadap suatu situasi atau peristiwa yang memicu perasaan kemarahan atau amarah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Teknik Art Therapy Terhadap Emosi Marah Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 5 Praya Tahun Pelajaran 2022/2023. Desain penelitian ini yaitu one group pre-test – post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswa kelas VIII SMPN 5 Praya yang berjumlah 64 siswa, dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 7 orang siswa yang memiliki tingkat emosi marah yang tinggi berdasarkan hasil dari pre-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai metode pokok,  metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Analisis data menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai thitung sebesar (6,687), sedangkan untuk nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar (2,447). Karena thitung lebih besar dari nilai ttabel (6,687 > 2,447), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hasil penelitian ini menunjukkan ada Pengaruh Teknik Art Therapy Terhadap Emosi Marah Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 5 Praya.

Keywords


TeknikArt Therapy, Emosi Marah

Full Text:

PDF

References


Edwards, David. (2004). Art therapy. London: SAGE Publications Ltd.

Ekman, P. (1992). An argument for basic emotions. Cognition & Emotion, 6(3-4), 169-200.

Ekman, P., & Friesen, W. V. (1971). Constants across cultures in the face and emotion. Journal of personality and social psychology, 17(2), 124-129.

Friesen, W. V., & Ekman, P. (1971). The Repertoire of Nonverbal Behavior: Categories, Origins, Usage, and Coding. Semiotica, 3(4), 321–329.

Gross, J. J. (1998). The Emerging Field of Emotion Regulation: An Integrative Review. Review of General Psychology, 2(3), 271–299.

Hariadi Ahm dan Jessica Festi Maharani. 2023. Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Kontrol Diri dalam Bermedia Sosial Siswa SMP Kota Mataram Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No 2 Edisi Oktober 2023. Hal 2089 – 2079. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Mustakim. 2022. Hubungan Kesetabilan Emosi Dengan Pengambilan Keputusan Karir Siswa Sma Negeri Kota Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 2 Edisi Oktober 2022. Hal 1664 – 1677. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, dan Lalu Andry Adifa Maulana. 2019. Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berfikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 1 Edisi April 2019. Hal 727 – 741. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Yolana Oktaviani. 2019. Pengaruh Teknik Self Instruction Terhadap Harga Diri Siswa Kelas Kelas XI di SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 2 Edisi Oktober 2019. Hal 806 – 815. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad. 2022. Pengaruh Media Visual terhadap Sikap Kemandirian SMA di Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 1 Edisi April 2022. Hal 1508 – 1514. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad. 2023. Hubungan Etika Pergaulan dengan Konsep Diri Siswa SMA di Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No 1 Edisi April 2023. Hal 1933 – 1945. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

IKIP MATARAM. (2011). Pedoman Bimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah, Mataram.

Izard, C. E. (2007). Basic emotions, natural kinds, emotion schemas, and a new paradigm. Perspectives on Psychological Science, 2(3), 260-280.

Kusno, Sutarto, Muzanni, A., Ahmad, H., Rahman, A., Hardiani, N. 2022. Improving Content Knowledge and Technological Skill of University Instructors: A Case Study for Online Learning Implementation during and after the COVID-19 Pandemic. Hong Kong journal of Social Sciences. Volume 59, Spring-Summer 2022, Pages 232-241. City University of Hong Kong Press.

Lerner, J. S., & Keltner, D. (2000). Beyond valence: Toward a model of emotion-specific influences on judgment and choice. Cognition & Emotion, 14(4), 473-493.

Liebmann, Marian. (2008). Art therapy and anger. London: Jessica Kingsley Publishers.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Malchiodi, C. A. (2012). Handbook of art therapy (2nd ed.). Guilford Press.

Marian Liebmann, Art Therapy for Groups : A Handbook of Themes and Exercises, (New York : Taylor & Francis Group, 2004), h. 6.

Purwanto, Yadi, dan Mulyono, Rachmat. 2006. Psikologi Marah Perspektif Psikologi Islami. Bandung: PT Refika Aditama.

Sarah & Hasanat, Nida Ul. (2010). Kajian Teoritis Pengaruh Art Therapy dalam Mengurangi Kecemasan pada Penderita Kanker. Buletin Psikologi , 29-35.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Yulianti, E., & Dwiastuti, A. (2019). Pengaruh art therapy terhadap kemarahan pada remaja. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 8(1), 25-33.

Zuroida, A., & Grahani, F. O. (2022). Art Therapy dalam Upaya Menurunkan Kecenderungan Agresi pada Remaja Awal. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1212-1218.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v9i1.11025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics