PENGARUH TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI VERBAL SISWA SMP

Hariadi Ahmad, Elfida Utami

Abstract


Berdasarkan kondisi yang terjadi di SMPN 2 Lingsar ada beberapa siswa yang cenderung mengarah pada kurangnya kemampuan dalam komunikasi verbal. Teknik role playing merupakan kegiatan bermain peran dengan permainan yang imajinatif dalam mengenali kelemahan dan kekurangan diri yang dimiliki dalam keterampilan komunikasi verbal dengan tahapan sebagai berikut: persiapan/pemanasan, pengaturan adegan, memilih peran, memainkan peran, berbagi dan umpan balik, bermain peran ulang, menindaklanjuti. Komunikasi verbal merupakan interaksi yang dilakukan individu secara lisan dan tertulis dengan menggunakan simbol-simbol, tatabahasa, yang mudah dipahami dalam meyampaikan pesan, informasi dan gagasan, serta kesepakatan dengan komponen simbol bahasa, tatabahasa, bahasa tubuh, dan kesepakatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Keterampilan Komunikasi Verbal Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Lingsar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai metode pokok, observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pelengkap dengan menggunakan rancangan one group pre-test dan post-test. Dalam penelitian ini terdapat populasi penelitian berjumlah 128 siswa dan 10 siswa yang keterampilan komunikasi verbal nya masih rendah di sekolah. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling dan untuk analisis data menggunakan rumus t-test.

Keywords


Role Playing, Keterampilan Komunikasi Verbal

Full Text:

PDF

References


Erford, T. B. 2016. 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta. Penerbit Pustaka Pelajar.

Hamka, A. A. (2012). Karakter Guru Profesional. Cet. I, Jakarta Selatan: Al-Mawardi Prima

Hanim, W. Badrujaman, A. Pratiwi, E. 2017. Pengaruh Teknik Role Playing Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Toleransi Pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 26 Jakarta. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 6, No 2, 2017.

Hariadi A dan Aluh H. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi A dan Aluh H. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi A dan Dini K. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi A dan Jessica F.M. 2023. Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Kontrol Diri dalam Bermedia Sosial Siswa SMP Kota Mataram Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No 2 Edisi Oktober 2023. Hal 2089 – 2079. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi A, Aluh H dan Jessica F. M. 2020. Pengaruh Dukungan Psikologis Awal pada Remaja dalam Pencegahan Covid 19. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 2 Edisi Oktober 2020. Hal 1091 – 1106. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi A, Aluh H, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi A, dan Andry A. M. L 2019. Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berfikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 1 Edisi April 2019. Hal 727 – 741. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi A. 2013. Pengembagan Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP. Malang. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. (Tesis, Tidak diterbitkan)

Hariadi A. 2022. Pengaruh Media Visual terhadap Sikap Kemandirian SMA di Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 1 Edisi April 2022. Hal 1508 – 1514. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi A. 2023. Hubungan Etika Pergaulan dengan Konsep Diri Siswa SMA di Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No 1 Edisi April 2023. Hal 1933 – 1945. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Harviainen, J. T. 2009. “A hermeneutical approach to role-playing analysis. International journal of role-playing”. E-journal. 1, (1), 66-78.

Hasrul dan Hariadi A. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Jigau, M. 2007. Carbeer counseling compendium of methods and techniques. Bucharest: AFIR.

Komalasari. 2014. Pembelajaran Kontektual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kusno, Sutarto, Muzanni, A., Ahmad, H., Rahman, A., Hardiani, N. 2022. Improving Content Knowledge and Technological Skill of University Instructors: A Case Study for Online Learning Implementation during and after the COVID-19 Pandemic. Hong Kong journal of Social Sciences. Volume 59, Spring-Summer 2022, Pages 232-241. City University of Hong Kong Press. Link: https://www.scopus.com/record/display.uri?eid=2-s2.0-85149292394&origin=resultslist

Milyane, T. M. Umiyati, H. Putri, D. Juliastuti. Akib, S. Daud, R. F. Dawami. Rosemary, R. Athalarik, F. M. Adiarsi, G. R. Maria P. Andi. Ramadhani, M. M. Rochmansyah. E. 2022. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Widina bhakti Persada.

Ngalimun. 2020. Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: PT Alphabet.

Suharsimi, 2013. Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi, Arikuto. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Taniredja, T. Faridli, E. M. Harmianto, S. 2017. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: cv. Alfabeta.

Utami, S. R. 2017. Pembelajaran Aspek Tata Bahasa Dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 1, Nomor 2. Desember 2017. 192-194.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v9i1.10929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics