DETEKSI DAN PREVALENSI PENYAKIT SCABIOSIS PADA KUCING DI KLINIK PRAKTEK DOKTER HEWAN KOTA MATARAM

Nurlathifa Ayu Lestari Zulmi, Muhammad Munawaroh, candra dwi atma

Abstract


Notodres cati merupakan tungau dalam filum Artropoda, kelas Arachnida, ordo Ackarima dan family Sarcoptes. Tugas ini berbentuk lonjong, tembus sinar, dan pipih berukuran sekitar 0,2-0,4 mm. Tungau bereproduksi sebanyak 2-3 butir perharinya diatas permukaan kulit dan bertelur dengan cara masuk edalam kulit pada bagian epidemis kulit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi dan menghitung prevalensi scabiosis pada kucing di Klinik Praktek Dokter Hewan Kota Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi dan menghitung prevalensi skabiosis pada kucing di Klinik Praktek Dokter Hewan Kota Mataram. penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian desktiptif yaitu metode yang digunakan unruk mencari unsur-undur, ciri-ciri, sifat-sifat suatu fenomena. Metode ini dimulai dengan mengumpulkan data, menganalisis data dan menginterprestasikannya. Berdasarkan hasil penelitian labolatorium yang telah dilakukan terhadap 88 sampel kerokan kulit pada kucing di masing-masing klinik dengan jumlah 22 sampel setiap klinik dalam kurun waktu 2 bulan, ditemukan 54 sampel positif terinfeksi parasite Notodres cati. Dengan jumlah prevalensi keseluruhan 61%. 

Keywords


Notoedres cati, ektoparasit, scabies.

Full Text:

PDF

References


Adik Putri Fatma, Ajeng Erika Prihastuti, Reza Yessica, Ida Bagus Gede Rama Wisesa, M. Fadli, Penanganan Scabies Pada Kucing Mix-Persia Di Rafa Pet’s Care (2021). Fakultas Kedokteran Hewan IPB - ARSHI (Asosiasi Rumah Sakit Hewan Indonesia), ARSHI Vet Letters, Vol. 5, No. (3): Hal 45-46.

Budiantono, Kerugian Ekonomi Akibat Scabies dan Kesulitan dalam Pemberantasannya (2004).Bali : Jurnal BBVet Denpasar. 1

Djuana,Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin (2007). Edisi Kelima. Jakarta : Balai Penerbit FKUI

Susanto, E., Atma, C. D. A., Agustin, A. L. D., Ningtyas, N. S. I. 2021. Prevalensi Skabiosis Pada Pasien Kucing Di Klinik Scotty Pet Care Mataram. Mandalika Veterinary Journal. Vol 1 No. 1: 11-16

Griana, T.P. (2013). Scabies: Penyebab, Penanganan dan Pencegahan. El-Hayah, 4 (1), 37-46

HarionoA. PF, HaskitoA. EP, YessicaR., WisesaI. BGR,& Fadlim. (2021). Penanganan scabies pada kucing campuran persia di Rafa Pet's Care. Surat Dokter Hewan ARSHI , 5 (3), 45-46.

Heri Susanto, Mayangsari Kartikaningrum, Retno Sri Wahjuni, Sunaryo Hadi Wasito, M. Gandul Atik Yuliani, Juni (2020). Kasus scabies (sarcoptes scabiei) Pada Kucing di Klinik Intimedipet Surabaya. Jurnal Biosains Pascasarjana, Vol. 22 No. 1

Ilham Agustian, Harius Eko Saputra, Antonio Imanda, Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan di PT. Jasa Raharja Putra Cabang Bengkulu, Juni (2019). Jurnal Profesional FIS UNIVED, Vol.6 No.1

I Made Mahaputra, Sri Kayati Widyastuti, Made Suma Anthara Agustus (2023). Scabiosis pada Kucing Domestik Disertai Leukositosis dan Anemia Normositik HiperkromikBuletin Veteriner UdayanaVolume 15 No. 4: 630-638

Kertayadnya, I. G., D. H. A. Unruh, M. Gunawan dan K. S. Adhiputra.(2003). Scabies, Epizootiologi, Pengobatan dan Perkiraan Kerugian Ekonomi.Dalam Laporan Tahunan Hasil Penyelidikan Penyakit Hewan di Indonesia Periode Tahun 2001-2002. Direktorat Kesehatan Hewan. Derektorat Jendral Peternakan Dapertemen Pertanian. Jakarta.

Mark Stevenson, Epicentre, IVABS. Juli (2008).An Introduction to Veterinary Epidemiologi.

Meta Iqomah, Nuraini Suwarno, Puji Yuliani. September (2020).Cat Scabies at The Animal Health Clinic of Salatiga Agriculture Service on August to November 2020. Journal of Parasite Science, Vol. 4 No. 2.

Nedriana Cahya, Hardany Primarizky, Maya Nurwartanti Yunita. April (2022).Faktor Resiko dan Prevalensi Scabiosis Kucing Tahun 2020 di Klinik Griya Satwa, Magetan. Jurnal Medik Veteriner, Vol.5. No.1. Hlm.81-86.

Ricard Wall et., al (2001). Veterinary Ectoparasites : Biology, Pathology and Control.

Rochiman .S, Hastutiek P, Sunasrso A, dan Yunus M. (2010). “Ilmu Penyakit Anthropoda Veteriner”. Departemen Parasitologi, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga, Surabaya 2010.

Ulfa Rafika, Variabel Penelitian dalam Penelitian Pendidikan, (2021). Jurnal Pendidikan dan Keislaman, Vol.1,No.1, hlm 342.

Upik K.H, Dwi J.G, Susi S, Supriyono (2017). Atlas Entomology Veteriner.IPB Science Techno Park.Ektoparasit Pada Anjing dan Kucing 105.

Yunita S, Gustiana R, Anas E. (2018). Faktor-Faktor yang berhubungan dengan kejadian skabies diwilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang tahun 2015. Jurnal Kesehatan Andalas




DOI: https://doi.org/10.33394/mvj.v3i2.9310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.