TINGKAT CEMARAN BAKTERI PADA DAGING AYAM BROILER YANG DI JUAL DI PASAR TRADISIONAL KOTA MATARAM

Tina Dwi Oktaviani, Maratun Janah

Abstract


Bakteri rentan mengkontaminasi daging ayam, kontaminasi bakteri pada daging ayam umumnya berasal dari ruangan, peralatan, maupun meja tempat pemotongan ayam serta air yang digunakan selama proses pemotongan hingga pengolahan daging ayam. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui ada tidaknya bakteri pada daging ayam yang di jual di pasar tradisional kota Mataram dengan pengambilan sampel menggunakan Random sampling dengan jumlah 16 sampel daging ayam broiler dari empat pasar (masing-masing 4 sampel/pasar) yang ada di pasar tradisional kota mataram dan dianalisis secara deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pedagang ayam ditemukan bakteri dengan rentan 9 xx 10 sampai dengan 19.6 x 10 kolini/gram. Kesimpulan berdasarkan sejumlah sampel dalam penelitian ini menunjukkan daging ayam Broilee tidak memenuhi standar SNI karena telah melebihi batas maksimum Cemaran Mikroba (BMCM) Bakteri.


Keywords


Cemaran, Bakteri, Daging Ayam, pasar

Full Text:

Remote PDF

References


Antariana, N. 10141. Isolasi bakteri asal saluran pencernaan rayap pekerja (macrotrmes spp). Jurnal Saintifika. 16(1):18-28.

Athalla Permana, R. Bambang W. (2019). Perbedaan Kandungan E.Coli Daging Ayam Dipasar Tradisional Keputeraan Selatan dan Pasar Swalayan X Kota Surabaya. Jurnal Departemen Gizi Kesehatan. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia.

Ishaqi, Al Hafidz. 2013. Analisis Higiene dan Penjanggal Ayam dan Sanitasi Rumah Pemotongan Ayam di Desa Sidowungu Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Skrispi. Fakultas Tanjania. Muhimbily Univerity Of Healt and Allied Sciences.

Manning SD, (2010). Deadly Diases and Epidemic:Escherichia coli Infection, Ed Ke-2. New York: Chelsea Publisher.

Miwada, I Nyoman Sumerta. (2015). Teknologi Pembekuan Daging: Bentuk Selamat Dari Pembusukan. Karya Ilmiah, Fakultas Peternakan Universitas Udayana, Denpasar.

Nadhifa Rafika (2017). Tingkat Cemaran Bakteri Escherichia Coli Pada Daging Ayam Yang Dijual Dipasar Tradisional. Skripsi, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin, Makasar.

Sangadji, Insun. (2013). Lama Penyimpanan Daging Sapi Terhadap ALT Bakteri. Jurnal Biology Science & Education Vol 5 No 1 IAIN Ambon.

Soeparno, P. (2000). Isolasi dan Identifikasi Bakteri Klinik. Yogyakarta: Akademik Analisa Kesehatan.

Setiowati WE, Silalahi EM. 2009. Tinjauan bahan pangan asal hewan yangASUH berdasarkan aspek mikrobiologi di DKI Jakarta. Dalam KesiapanRiset Indonesia dalam Menghadapi Perubahan Iklim. Prosiding Pertemuandan Presentasi Ilmiah Standardisasi 2009; Jakarta, 19 Nov 2009. Jakarta:Badan Standardisasi Nasional.

Suwandono, A.M., Destri, dan C. Simanjutak. 2005. Escerichia coli dan Surveillans demam tifoid yang disebabkan Escherichia coli di Jakarta Utara. Disampaikan dalam Lokakarya Jejaring Intelijen Pangan – BPOM RI. Jakarta. 25 Januari 2005.




DOI: https://doi.org/10.33394/mvj.v3i2.9308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.