Deteksi Trichodina Sp Pada Budidaya Ikan Nila (Oreochormis niloticus) Di Kecamatan Sayang - Sayang Kota Mataram

Fahrisa Amalia Wardani

Abstract


Ikan nila merupakan bahan pangan berprotein tinggi, murah, dan mudah dicerna oleh tubuh.Permasalahan yang banyak dialami oleh pembudidaya ikan nila adalah munculnya serangan penyakit.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeteksi adanya Trichodinia sp pada ikan nila yang dibudidayakan di Kecamatan Sayang-sayang Kota Mataram.ini menggunakan rancangan desktiptif. Pengambilan sampel penelitian dilakukan menggunakan random sampling dari dua petak kolam.Sampel dari penelitian ini yaitu 6 sampel ikan nila, yang diambil secara acak dari pembudidaya di Pade Maju Kecamatan Sayang–sayang Kota Mataram.Hasil pemeriksaan menunjukkan 4 sampel terinfeksi Trichodina sp. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah parasit yang menginfeksi ikan nila (O. niloticus) yang ada di Kecamata Sayang–sayang Kota Mataram adalah Trichodina sp.

Keywords


: Budidaya Ikan Sayang-sayang, Deteksi, Ikan nila, Trichodina sp

Full Text:

PDF

References


Afrianto dan Liviawaty. 1992. Pengendalian Hama dan Penyakit Ikan. Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Ali S.K.,Koniyo Y., dan Mulis.2013. Identifikasi Ektoparasit pada Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Di Danau Lomboto Provinsi Gorontalo.Fakultas Ilmu Pertanian Universitas Negeri Gorontalo.

Andi K., 2016. Penyakit Aquatik.

Anshary, H. 2008. Tingkat Infeksi Parasit Pada Ikan Mas Koi (Cyprinus carpio) Pada Beberapa Lokasi Budidaya Ikan Hias di Makassar dan Gowa. Jaringan Sains dan Teknologi. Vol 8 No.2 hal 139-147

Budhiarta, S. 2002. Kapita Selekta Epidemiologi Veteriner. Bagian Kesehatan Masyarakat Veteriner. Fakultas Kedokteran Hewan. Universitas G7adjah Mada.Yogyakarta.

Cahyono, B. 2009. Budidaya Lele dan Betutu (Ikan Langka dan Bernilai) Pustaka Mina. Jakarta.

Durborrow, R.M. 2003. Protozoa Parasites. SRAC Publication No.4701.

Fisheries and Aquaculture FAO, 1985. Training Manual Integratid Fish Farming in China. FAO.

Haryono S., Mulyana.,dan Lusiastuti M.A. 2016. Inventarisasi Ektoparasit pada Ikan Mas Koki Di Kecamatan Ciseeng- Kabuoaten Bogor.Fakultas Pertanian Universitas Djuanda Bogor.

Hassan, M.A.E.A, 1999. Trichodiniasis in Farmet Fres Water Tilapia in Eastern Saudi Arabia. Fisherier Research Center. Al- Qaatef. Saudi Arabia : 157-168.

Irianto, A. 2005. Patologi Ikan Teleostei. Gadja Mada University Press. Yogyakarta.

Jasmanindar, Y. 2011. Prevalensi Penyakit dan Ikan Air Tawar yang Dibudidayakan Di Kota/ Kabupaten Kupang.Perikanan dan Kelautan Fakultas Pertanian Universitas Nusa Cendana.

Kamelia M., Widiani N.,dan Adistyaningrum N. 2018. Analisis Perbedaan Jumlah Bakteri Pada Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Budidaya.

Klinger, R. and R.F. Flyod. 2013. Intoduction to Freshwater Fish Parasite. The Institude of Food and Agricultural Science (IFAS), University of Florida.

Kordi. M. G. H., 2004. Penganggulangan Hama dan Penyakit Ikan.Rineka Cipta dan Bina Adiaksara, Jakarta.

Kumalasari N. 2016. Pemeriksaan Ektoparasit Pada Ikan Lele Masamo (Calarias Gariepinus) Di Balai Pengembangan Teknologi Kelautan dan Perikanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lestari A. 2011. Prevalensi Ektoparasit Protozoa Trichodina sp. pada Ikan Lele Dumbo (Clarias Gariepinus) Di Desa Ngabetan Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik.Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Surabaya. Skripsi

Lukman, Mulyana,dan Mumpuni F.S., 2014. Efektivitas Pemberian Akar Tuba (Derris elliptica) Terhadap Lama Waktu Kematian Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Fakultas Pertanian, Universitas Djuanda Bogor.

Martin SW, Meek A., and Willberg p. 1987.Veterinary Epidemiologi.Ames lowa. Lowa state Universitas Presis.

Martinus H. 2013. Pengaruh Teknologi Terhadap Kesehatan Jakarta: Mitra Pertama Press.

Maryono dan S. Agus. 2002. Teknik pencegahan dan pengobatan penyakit bercak merah pada ikan air tawar yang disebabkan oleh bakteri Aeromonas hydrophylia Bull. Teknik Pertanian.

Mahatma. Radit, Yusfiati., Roza Elvira, dan Titrawati. 2012. Beberapa Aspek Biologi Ikan Bung ( Ciliata: Peritricia) Parasitic on Fishes “US Fish & Wildlife Publication. Paper 105. The Jourrnal Of Parasitologi Vol. 50, No. 1, February 1964, p. 30- 35.

Mulia DS, 2006, Tingkat Infeksi Ektoparasit Protozoa Pada Benih Ikan Nila.

Mulia DS, 2006, Tingkat Infeksi Ektoparasit Protozoa Pada Benih Ikan Nila (Oreochormis niloticus) di Balai Benih Ikan (BBI) Pandak dan Sidabowa, Kabupaten Banyumas Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto [SKRIPSI].

Mulyani Y.S., Yullisman.,dan Fitrani M., 2014. Pertumbuhan dan Efisiensi Pakan Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) yang dipuasakan secara Periodik. Fakultas Pertanian UNSRI.

Pramono, T. dan Syakuri, h. 2008. Infeksi Parasit Pada Permukaan Tubuh ikan Nilem ( Osteochilus hasellti) yang diperdagangkan di PPI Purbalingga. Ilmiah Perikanan. Vol.3 No.2

Rahmi, 2012.Identifikasi Ektoparasit pada Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Yang Dibudidayakan Pada Tambak Kabupaten Maros.Fakultas Pertania Universitas Muhammadiyah Makassar.

Rambe N., Yusni E., 2017. Prevalensi Ektoparasit Pada Benih Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) pada Kolam Budidaya Di Desa Baru ladang Bambu Kecamatan Medan Tuntungan. Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara.

Rustikawati, R. 1997. Budidaya dan Prospek Agribisnis. Kanisius, Yogyakarta.

Salsabila M., Suprapto H., 2015. Teknik Pembesaran Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Di Instalasai Budidaya Air Tawar Pandaan Jawa Timur.Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga Surabaya.

Saanin H. 1984. Taksonomi dan Kunci Identifikasi Ikan. Jakarta: Bina Cipta.

Santoso, B, dan T.S. Wikatma. 2001. Petunjuk Praktis Budidaya Nila. Yogyakarta: penerbit kanisius.

Sarjito., Prayitno S.B., dan Harditomo A.H.C., 2013. Buku Pengantar Parasit Dan Penyakit Ikan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro.

Sugiarto. 1988. Teknik Pembenihan Ikan Mujair dan Nila. CV Simplex. Jakarta.

Sumantadinata, K. 1983. Pengembangan Ikan Ikan Peliharaan di Indonesia. Jakarta. Sastra Hudaya.

Thrusfield, M. 2015. Veterinary Epidemiologi.2nd Edition.Blackwell Science Oxford.117-198.

Welborn Thomas L. Jr. and Rogers Wilmer A. 1970. A Key To The Common Parasitic Protozoans Of North American Fishes.

Winaruddin.,Rusli.,Razi K., 2015. Infestasi Ektoparasit Pada Ikan Lele Dumbo (Clarias Gariepinus) Yang Dibudidaya Di Desa Tumpok Teungoh kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Yuli S., Haris H., Yusanti I.A., 2017. Tingkat serangan Ektoparasit pada Ikan Patin (pangasius hypopthalmus) yang Dibudidayakan dalam Keramba Jaring Apung Di Sungai Musi Palembang.Fakultas Perikanan Universitas PGRI Palembang.




DOI: https://doi.org/10.33394/mvj.v1i1.3619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.