Implementasi Pelatihan Lifeskill untuk Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Wanita Tuna Susila di Panti Sosial Karya Budi Rini

Wahyu Winandi, Muhammad Arief Rizka

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan implementasi pelatihan lifeskill bidang tata boga untuk meningkatkan motivasi berwiausaha wanita tuna susila dan (2) mendeskripsikan hasil dari penyelenggaraan program pelatihan lifeskill tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari pengelola program, instruktur dan warga belajar. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis model interaktif melalui tahapan reduksi data, display data, verifikasi & penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi pelatihan lifeskill bidang tata boga telah terselenggara dengan cukup baik, pengelola program menyelenggarakan kegiatan pelatihan dengan melalui tahapan manajemen program pelatihan seperti perencanaan pelatihan, pelaksanaan pelatihan, monitoring, evaluasi dan tindak lanjut. Dari keseluruhan kegiatan pelatihan warga belajar/peserta pelatihan dilibatkan dalam proses perencanaan sebagai bentuk meningkatkan partisispasi warga belajar dalam mensukseskan program pelatihan tata boga yang telah diselenggarakan; dan (2) Hasil penyelenggaraan program pelatihan lifeskill bidang tata boga yakni warga belajar memiliki motivasi untuk berwirausaha dan menguasai keterampilan dalam bidang tata boga serta pengelola panti memberikan modal bantuan usaha berupa alat-alat dapur atau fasilitas memasak yang berfungsi sebagai media pendukung bagi warga belajar untuk berwirausaha.


Keywords


Pelatihan, Lifeskill, Berwirausaha.

Full Text:

PDF

References


Anwar. 2006. Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung : Alfabeta

Ditjen PLS. 2003. Pedoman Penyelenggaran Program Pendidikan kecakapan Hidup (life skill) Pendidikan Nonformal. Jakarta : Dirjen PLS.

Mustofa, Kamil. 2010. Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung : Alfabeta

Rizka, M. A., & Maskun, M. (2018). Pengaruh Pelatihan Tata Boga Terhadap Sikap Berwirausaha Warga Belajar di SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) Gerung Kabupaten Lombok Barat Tahun 2016. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 3(1).

Rizka, M. A., & Zulkipli, Z. (2017). Efektivitas Implementasi Pelatihan Keterampilan Kerja Dalam Meningkatkan Kompetensi Calon Tenaga Kerja. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 16(1).

Rizka, M. A. (2014). Evaluasi Implementasi Program Kursus Wirausaha Desa (KWD) untuk Mengatasi Pengangguran. Jurnal Kependidikan, 13(4), 369-381.

Sudjana, D. 2000. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung. Falah Production

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif R & B . Bandung: Alfabeta

Tim Broad Based Education. 2006. Pendidikan Kecakapan Hidup. Surabaya: Surabaya Intelectual Club (SIC).




DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wahyu Winandi, Muhammad Arief Rizka

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran

E-ISSN: 2442-7667

Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected] 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.