Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Bahasa Inggris di SMAN 3 Mataram
Abstract
Beberapa siswa mengalami permasalahan dalam melakukan kegiatan menulis meskipun hanya menulis satu paragraf. Sehingga diperlukan satu media untuk memudahkan siswa dalam mengatasi permasalahannya. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis cerita pendek siswa dengan menggunakan pembelajaran media gambar di SMAN 3 Mataram. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian campuran yaitu kualitatif dan deskriptif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 (tiga) siklus. Dari hasil tindakanan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 27 % pada Siklus I, dapat meningkat pada Siklus II menjadi 50% dan Siklus III mencapai 100%, dan secara klasikal telah mencapai ketuntasan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hamalik Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya Bakti
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus besar Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.
Sadiman. Arif. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Pradana Group.
Silberman Mel. 2009. Active Learning. Yogyakarta: YAPPENDIS (Yayasan Pengkajian dan Pengembanagan Ilmu-Ilmu Pendidikan Islam).
Suharjono Supardi. 2013. Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Andi Offset.
Usman, Uzer. 2003. Menjadi Guru Profesional. Jakarta : PT. Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.900
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Hudri Achmad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.