Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Batukliang Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division

Gemi Yuliati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batukliang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga tahapan, yaitu (a) plan/perencanaan, (b) do/pelaksanaan, dan (c) see/refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis mengggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batukliang.


Keywords


Hasil Belajar, Matematika, STAD

Full Text:

PDF

References


Anjasari, E & Ibrahim, M. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Wakorumba Utara Kabupaten Muna, Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, Vol 3 (3): 15-26.

Anni, C.T. 2007. Psikologi Besar. Semarang: Unnes Press.

Djamarah, S.B dan Zain, A. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rhineka Cipta.

Firdaus, M. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, Vol 5 (1): 96-104.

Fitriyani, 2013. Pengaruh penggunaan metode pembelajaran dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar pada matapelajaran ekonomi, Oikonomia, Vol 2 (4): 309-314.

Juniati, E. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Drill dan Diskuisi Kelompok pada Siswa Kelas VI SD, Scholaria, Vol 7 (3): 283-291.

La Masi, Z & Fajrin, P. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Lawa, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 6 (1): 170-181.

Nurmuiza, I., Maonde, F & Sani, A. Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMAN, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 6 (2): 113-122.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sine, R. 2015. Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Sub Pokok Bahasan Luas Permukaan Kubus dan Balok Siswa Kelas VII SMP Beringin Kota Kupang Tahun Ajaran 2014 / 2015. Skripsi tidak diterbitkan. Kupang: Universitas Katolik Widya Mandiri.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rhineka Cipta.

Slameto. 2015. Implementasi Penelitian Tindakan Kelas, Scholaria, Vol 5 (3): 47-58.

Suprijono, A. 2013. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Raja GrafindoPersada




DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Gemi Yuliati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran

E-ISSN: 2442-7667

Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected] 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.