Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman dengan Metode Rollen Spiel pada Siswa Kelas XI Bahasa di SMA Negeri 3 Mataram
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jerman dengan metode Rollen Spiel pada siswa kelas XI Bahasa di SMAN 3 Mataram. Sample penelitian dalam penelitian ini adalah 24 siswa kelas XI Bahasa. Penelitian dilakukan dalam 2 Siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes awal dan tes akhir. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu peningkatan kualitas pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 dan perubahan hasil belajar secara positif. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif empirik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Rollen Spiel dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jerman pada siswa kelas XI Bahasa di SMAN 3 Mataram.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhmadi, Mukhsin. 1990. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbicara dan Apresiasi Sastra. Malang: yayasan Asah Asih Asuh.
Aufderstraβe, Hartmut. 2006. Themen Neu – Kursbuch I. Jakarta: Katalis.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rineka Cipta.
BSNP. 2006 . Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Brown, H.D. 2000. Principles of Language Learning and Teaching. San Fransisco: Addison Wesley Longman,Inc.
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Jerman. Jakarta. Depdiknas.
Gabriele Neuf-Münkel und Regine Ronald. 1994. Fertigkeit Sprechen. Germanistik Deutsch. München: Langenscheidt Verlag
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hardjono, Sartinah. 1988. Prinsip-prinsip Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Depdikbud.
Maidar, A. 1998. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Richard, Jack dan Schmidt, Richard. 2002. Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics. London: Pearson Education.
Soeparno. 1980. Media Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: P3T IKIP Yogyakarta.
Sujana. 2005. Metode dan Tehnik Pembelajaran Partisipasi. Bandung: FalaProduction.
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.898
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Evi Rahmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.