Karakter Empati Dalam Konseling Teman Sebaya Pada Masa Remaja

Erna Fitriatun, Nopita Nopita, Sri Erni Muliyani Muliyani

Abstract


Masa remaja adalah masa yang sarat akan konflik atau masalah-masalah, baik itu masalah pribadi, sosial, akademik juga karier. Masalah-masalah ini perlu cepat ditanggapi dan dientaskan, karena apabila masalah-masalah ini dibiarkan berlarut-larut dan tidak dientaskan maka dapat menghambat remaja untuk berkembang dengan optimal menuju masa dewasanya. Selanjutnya, di dalam dunia pendidikan masalah-masalah remaja tersebut dapat diatasi dengan adanya layanan bimbingan konseling teman sebaya. Dimana layanan konseling teman sebaya ini dapat dilakukan jika siswa memiliki karakter empati. Karakter empati merupakan keterampilan dasar dalam menjalin hubungan sosial yang dapat diajarkan, dikembangkan dan dilatih. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk pembentukan karakter empati siswa melalui kegiatan konseling teman sebaya dengan metode yang digunakan adalah library research.


Keywords


Karakter, Empati, Konseling, Remaja.

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI (2001). “Kamus Besar Bahasa Indonesia”: Balai Pustaka. Jakarta

Hurlock, Elizabeth B (1980). ”Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan”. Erlangga, Jakarta

Gunawan. H (2014). “ Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi”. Alfabeta. Bandung

Hurlock. E. B. (1973). “Adolescent Development (Edisi, 4). Macgrow-Hill.Inc.Japan

Jhon W. Santrock (2002), “Life Span Development Perkembangan Masa Hidup; Edisi Kelima” Erlangga. Jakarta

Kan, P. V. (1996). “Peer Counselingin Explanation”. [Online].Tersedia:http://www.peercounseling.co m. Akses 7 Mei 2018

M Umar dan Ahmadi Ali (1992). “Psikologi Umum”. Bina Ilmu. Surabaya

Prasetiawan, H (2015). “ Konseling Teman Sebaya (Peer Konseling) untuk Mereduksi Kecanduan Game Online”. Jurnal Bimbingan dan Konseling

Piaget, Jean (1988). “Antara Tindakan Dan Pikiran,disunting oleh Agus Cremers”. PT.Gramedia, Jakarta

Suwarjo. (2008), “Konseling Teman Sebaya (Peer Counseling) untuk Mengembangkan Resiliensi Remaja”, Makalah Disampaikan dalam Seminar Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP UNY

Sari, P.N (2017). “ Pengembangan Modul Pelatihan Konseling Teman Sebaya untuk Anggota PMR di SMP Negeri 1 Banjarmasin”. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis KKNI, 4 – 6 Agustus 2017, Malang, Jawa Timur, Indonesia




DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Erna Fitriatun, Nopita Nopita, Sri Erni Muliyani Muliyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran

E-ISSN: 2442-7667

Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected] 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.