Left-Handed-Friendly Education in Indonesia (Perceptions, Barriers, and Efforts to Overcome Problems Experienced by Teachers)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulqodir, A., Sriwarno, A. B., & Isdianto, B. (2014). “Kemampuan Adaptasi Orang Kidal Terhadap Lingkungan Non Kidal dalam Aktivitas Menulis dan Menggambar” Itb: Jurusan Visual Art dan Desain, 6(1), 43-57. https://core.ac.uk/download/pdf/298082938.pdf.
Alfiansyah, M., Assingkily, M. S., & Prastowo, A. (2020). “Kebijakan Internal Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta” MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 11(1). https://www.publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/MAGISTRA/article/viewFile/3460/3192.
Andika, W. D., Utami, F., Sumarni, S., & Harini, B. (2022). “Keterampilan Penting Sebelum Anak Siap Menulis” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2519-2532. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/1973/pdf.
Andini, C. W. (2021). Apa Sebenarnya Penyebab Orang Kidal? https://hellosehat.com/sehat/gejala-umum/penyebab-orang-kidal/. Diakses tanggal 20 Oktober 2022.
Arbarini, M., Suminar, T., Desmawati, L., Al Affan, H. B., & Malik, A. (2021). “A Pedagogy of Multiliteracy in Developing Social Future of Rural Communities” Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 1(1), 3646-3647.
Arfani, L. (2018). “Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran” Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2). https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/jpb/article/view/5160.
Artini, N. W. N. S. (2022). “Komik Cetak Kontekstual Muatan IPS dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kidal Kelas IV SD” MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/44548.
Assingkily, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir. Yogyakarta: K-Media.
Bisri, M. (2015). “Studi Kasus Pengaruh Gaya Ibu Menyusui Bayi Terhadap Perkembangan Anak Kidal” Jurnal Sains Psikologi, 5(1). http://journal2.um.ac.id/index.php/JSPsi/article/view/1943..
Creswell, John W. (2009). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc.
Dita, M. A. D. P., Sujana, I. W., & Suniasih, N. W. (2022). “Buku Ajar Berbasis Problem Based Learning dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kidal Kelas IV Sekolah Dasar” MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/42934.
Erawati, I. L., Sudjarwo, S., & Sinaga, R. M. (2016). “Pendidikan Karakter Bangsa pada Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusif” Jurnal Studi Sosial/Journal of Social Studies, 4(1). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/11116.
Hayat, M. A. (2018). “Adaptasi Komunikasi Guru Asing Menghadapi Perbedaan Budaya di Sekolah Internasional” Widya Komunika, 8(2), 76-86. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/download/1407/955.
Herawati, N. I. (2016). “Pendidikan Inklusif” EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/2755.
Humaidi & Kirana Fatmawati. (2019). “Membangun Manusia Berkarakter Religius: Studi Anak-anak Terlantar” Mumtaz, 3 (1): 206-218. file:///C:/Windows/system32/config/systemprofile/Downloads/41-80-1-SM.pdf.
Idris, S., & Tabrani, Z. A. (2017). “Realitas Konsep Pendidikan Humanisme dalam Konteks Pendidikan Islam” Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 96-113. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/1420.
Ihsan, M., & Aditya, R. (2022). “Perbaikan Teknik Menahan Bola pada Permainan Sepak Bola” Jurnal Bina Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 110-120. http://stokbinaguna.ac.id/jurnal/index.php/JPKM/article/view/565.
Indah, N., & Rusli, M. (2021). “Analisis Tingkat Keterampilan Dasar Tenis Meja pada Siswa Kelas XI Putra SMA Negeri 1 Watubangga” Journal Olympic (Physical Education, Health and Sport), 1(1), 70-79. http://jolimpic.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/9.
Irvan, M., & Jauhari, M. N. (2018). “Implementasi Pendidikan Inklusif Sebagai Perubahan Paradigma Pendidikan di Indonesia” Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 14(26), 175-187. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/article/view/1683.
Jati, S. N., & Diana, D. (2022). “Efektivitas Metode Latihan Terhadap Kemampuan Menulis pada Anak di Taman Kanak-kanak Al-Mukaddimah Pontianak (Studi Kasus Anak Kidal)” Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1). http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/JME/article/view/3106.
Laela, F. N. (2017). Bimbingan Konseling Keluarga dan Remaja. Edisi Revisi. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.
Lidwina, S. (2012). “Disleksia Berpengaruh pada Kemampuan Membaca dan Menulis” Jurnal STIE Semarang (Edisi Elektronik), 4(3), 9-18. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=939144&val=14551&title=DISLEKSIA%20BERPENGARUH%20PADA%20KEMAMPUAN%20MEMBACA%20DAN%20MENULIS.
Mardianto, M., Syukri, M., & Irwan, S. (2021). “Kebijakan Pendidikan Ramah Bertangan Kidal di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 363-380. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/10367.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyaningsih, I. (2015). “Pemerolehan Bahasa Anak pada Usia 4 Tahun dengan Whole Language” Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2). https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/741.
Mutoharoh, U. (2020). “Upaya Guru PAUD dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini di RA Nurul Huda Pucunglor Ngantru Tulungagung” Skripsi, UIN SATU Tulungagung. http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16107.
Nabila, N. (2021). “Tujuan Pendidikan Islam” Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 867-875. http://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/170.
Nikka, P. A. (2021). “Pengaruh Handedness dalam Pembelajaran Biola Terhadap Partisipan Kidal (Sebuah Studi Komparasi)” Skripsi, Institut Seni Indonesia, Yogyakarta. http://digilib.isi.ac.id/9915/.
Nurhayati, F. (2019). “Panti Asuhan Islam Soreang (House of Islamic Orphanage)” Skripsi, Universitas Komputer Indonesia. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2510/.
Nurwulan, N. R., & Kristiani, A. B. (2020). “Potensi Kelainan Muskuloskeletal pada Siswa Kidal” Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 15(2), 9-12. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jkmi/article/view/6573.
Oktaviani, A. (2019). “Efektivitas Layanan Mediasi untuk Menyelesaikan Interpersonal Conflict Siswa Melalui Teknik Relaksasi di MAN 1 Medan” Skripsi, UIN Sumatera Utara Medan. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10288.
Pratiwi, S. B. A., Santoso, D. A., & Triaiditya, B. S. M. (2021). “Analisis Langkah Awalan Smash Bola Voli pada Pemain Kidal dan Non Kidal” Sprinter: Jurnal Ilmu Olahraga, 2(3), 212-220. http://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/128.
Rahayu, Sri. (2009). “Evaluasi Pelaksanaan Program Terapi Wicara dalam Meningkatkan Perkembangan Anak Terlantar di Yayasan Sayap Ibu Kebayoran Baru, Jakarta Selatan”, Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Rahim, A. (2016). “Pendidikan Inklusif Sebagai Strategi dalam Mewujudkan Pendidikan untuk Semua” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(1). https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/819.
Riskhaturahman, E. (2020). “Analisis Yuridis Terhadap Persoalan Perlindungan Anak dalam Fenomena Youtuber Anak di Media Sosial Youtube” Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44191.
Rokan, A.K. (2004). Bocah-Bocah Bunuh Diri. Online. Internet. Available http: //www. Sinarharapan.co.id/berita/0308/3d/fea 02.html.
Sakti, S. A. (2020). “Implementasi Pendidikan Inklusif pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia” Jurnal Golden Age, 4(02), 238-249. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2019.
Sari, W. O. (2014). “Efektivitas Metode Latihan Terhadap Kemampuan Menggunakan Tangan Kanan pada Saat Menulis pada Anak di Taman Kanak-kanak Al-Mukaddimah Pontianak (Studi Kasus Anak Kidal)” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Pontianak. http://repository.unmuhpnk.ac.id/1522/.
Setiawan, I. (2022). “Pengembangan e-Modul Berbasis Android untuk Siswa Kidal pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar di Kota Denpasar Tahun Ajaran 2021/2022” Tesis, Universitas Pendidikan Ganesha. https://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10903.
Sillahudin, Z. (2020). “Pembelajaran IPS Model Outdoor Learning dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas 8b MTs Negeri 2 Malang” Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/18003/.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukadi, Imam. (2013). “Tanggung Jawab Negara Terhadap Anak Terlantar dalam Operasionalisasi Pemerintah di Bidang Perlindungan Hak Anak” De Jure: Jurnal Hukum dan Syari’ah, 5 (2): 117-133. http://dx.doi.org/10.18860/j-fsh.v5i2.3003
Sukri, A., Rizka, M. A., Sakti, H. G., Maududy, K. I. U., & Hadiprayitno, G. (2018). “Designing an Integrated Curriculum Based on Local Primary and Social Reconstruction Perspectives of West Nusa Tenggara, Indonesia” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 467-475. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/15272.
Tarmansyah, T. (2007). Inklusi Pendidikan untuk Semua. Jakarta: Depdiknas.
Taufikurrahman, I. B. (2019). “Rancangan Metode Latihan Biola Bagi Mahasiswa Kidal (Studi Kasus Mahasiswa Biola Institut Seni Indonesia Yogyakarta)” Tesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5242.
Ulfa, M., Yuliati, A., Handoko, B. T., & Fatmasari, R. K. (2020). “Teori Flow Sebagai Upaya Penguatan Motivasi Belajar dan Kreatifitas Mahasiswa Disabilitas Fisik” Special and Inclusive Education Journal (Special), 1(2), 114-120. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/special/article/view/2771.
Yanni, A., Kamala, I., Assingkily, M. S., & Rahmawati, R. (2020). “Analisis Kemampuan Intelektual Anak Tunagrahita Ringan di SD Negeri Demakijo 2” Jurnal Pendidikan, 21(1), 64-75. http://jurnal.ut.ac.id/index.php/JP/article/view/843.
Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). “Menciptakan Sekolah Ramah Anak” Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145-154. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/480.
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v8i4.6378
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 The Author(s)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.